PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana pengaruh modelpembelajaran tutor sebaya berbantuan media wordwall terhadap motivasi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian semi-eksperimen yang menggunakan dua kelompok belajar dalam pengujian yang terbagi atas satu kelompok belajar eksperimen dan satu kelompok belajar kontrol dari dua kelas si SMPN 1 Anyer kelas VII . Rancangan penelitian menggunakan pretest- posttest control group. Instrumen penelitian berupa soal kemampuan kognitif atau hasil belajar siswa, instrumen observasi motivasi belajar siswa berdasarkan indikator motivasi, wawancara dan angket motivasi belajar siswa. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, angket, lembar soal pre-test dan post-test. Hasil pre-test post- test kelas kontrol memiliki skor N-gain sebesar 68% yang dikategorikan cukup efektif sedangkan pada kelas eksperimen hasil pre-test post-test skor N-gain memperoleh presentase 80% yang dikategorikan efektif. Sehingga model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media wordwall ini memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amir, A. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Di Kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 41. https://doi.org/10.24952/logarit ma.v7i01.1663
Firmansyah, A. M., & Rukmana, A. (2017). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan8(1),7–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/Mim bardiksar/article/view/7885/5004
Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.(https://doi.org/10.26905/abdimas.v 4i1.2811
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education,5(2),242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15 194
Rumhadi, W. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran . Jurnal diklat keagamaan, Vol. 11 No.1.
S., & -, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1),7382.https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1. 89
San S, Putu, R., & W, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Biologi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,3(3),1–10. https://media.neliti.com/media/public ations/121274-ID-pengaruh-model- pembelajaran-kontekstual.pdf
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82
Sari, S. d. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi .e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Zahara,dkk. (2020). Discovery learning with solar system scope application to Enchance learning in middle school student. Jurnal of science learning,3(3)