THE EFFECT OF SOCIO SCIENTIFIC ISSUES BASED LEARNING ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENT’ SCIENTIFIC LITERACY ABILITIES
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Antologi UPI, 1–17.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967.
Fatikasari, R., Matius, B., & M. Junus. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 65–72. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.84
Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hajrah, H., Nasir, M., & Olahairullah, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Soromadi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1113–1118. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2439
Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1–36.
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193
Ika Kartika,, Surti Kurniasih, I. D. P. (2017). Kata Kunci: Bahan ajar; Bioteknologi; Literasi sains ; Socio Scientific Issues. Journal of Science Education And Practice, x(2016), 1–12.
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319. www.liveworksheet.com
Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a
Mathias, C. C. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas Atas Sd Negeri Caturtunggal 3 Di Kecamatan Depok Yogyakarta.
McComas, W. F. (2014). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Melya, R., & Irhasyuarna, Y. (2022). MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. 18(1), 45–53.
Murdiasih, D., & Wulandari, F. E. (2022). Model problem based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 6, 80–91.
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
No, V., Muyassaroh, I., Sunanto, L., & Kurnia, I. R. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS MAHASISWA MELALUI BLENDED - COLLABORATIVE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIVES Abstrak Pendahuluan Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ibarat dua sisi mata uang . 8(3), 915–931.
Nugraha, D. M. D. (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Sains dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158.
Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.02
Nurmilawati, S., Agung, S., & Murniati, D. (2021). Jurnal Riset Pendidikan Kimia ARTICLE. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 11–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067
Pranomo, M. I., Linda, Rr., & Haryati, S. (2021). Jurnal Riset Pendidikan Kimia ARTICLE. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 11–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067
Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.
Putri, A., Sudarisman, S., & Ramli, M. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepogo. Bio-Pedagogi, 3(2), 81. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v3i2.5344
Rahmayanti, B. F., & Andayani, Y. (2022). V alidasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue ( SSI ) Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. 4(1), 1–7.
Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 363–369.
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Rufa Hera. (2018). Pengaruh Pembelajaran Socio Scientific Issues Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 484–493. https://gudangmakalah.blogspot.com/2012/07/skripsi-pengaruh-pembelajaran-aqidah.html
Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362
Selamat, I. N. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENCEMARAN TANAH DAN SAMPAH BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE. 11(1), 1–9.
Sudibyo, E., Qosyim, A., & Surabaya, U. N. (2018). 3 1,2,3. 3(2), 82–86.
Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.
Widyastika, D., Sitorus, R. H., & ... (2022). Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. Journal on …, 3, 302–309.
Winata, A., Cacik, S., & Seftia R. W., I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sdn Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356
Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berbantuan Socio-Scientific Issue Pemanasan Global. Pensa E-Jurnal:Pendidikan Sains, 10(1), 37–43.