PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI POLUSI AIR

Lifta Nurfajria
Suroso Mukti Leksono
Adi Nestiadi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4695

Abstract


Pengetahuan siswa yang minim mengenai konsep pembelajaran IPA menyebabkan kesulitan dalam merepresentasikan permasalahan fenomena alam yang sedang dibahas sehingga menjadikan rendahnya berpikir secara kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dibahas. Adanya model pembelajaran yang interaktif dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut. Dalam Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam mengembangkan tingkat berpikir kritis siswa kelas VII pada Materi Polusi Air. Penelitian ini memakai metode berupa Quasy Experiment yang dilaksanakan oleh siswa kelas VII di salah satu SMP Kota Serang melalui instrumen tes sebanyak 10 soal berbentuk uraian yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen memakai model pembelajaran GI dan kelas kontrol memakai PBL, dimana keduannya memperoleh terdistribusi normal namun tidak homogen. Kemudian dilaksanakan pengujian hipotesis melalui perhitungan Independent Sample T-Test berdasarkan nilai N-Gain mendapatkan H1 diterima dan H0 ditolak dalam artian adanya pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada materi Polusi Air dengan hasil perhitungan mendapatkan besar rhitung sig (2-tailed) yaitu 0,001 < rtabel sebesar 0,05.

Keywords


Kemampuan berpikir kritis; Group Investigation (GI); polusi air; IPA terpadu

Article Metrics :

References


Amir, M. F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya belajar. Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika: Jurnal Matheducator Nusantara.

Fatmaryanti & Surwanto. 2015. Propil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Universitas Sebelas Maret: JPFK.

Kemdikbud. 2021. Buku Panduan Guru SMP Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud

Manalu, R., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD: Undiksha.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158

Ontario Public Service. 2016. Phase 1: Toward Defining 21st Century Competencies for Ontario, 21 Century Competencies

Raharjo, Sahid. 2021. Cara Uji Independent Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujoyo, dkk. 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta.