PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS ETNOSAINS DENGAN TEMA RAGAM JAMU INDONESIA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Cahya Muliana Sari
Suroso Mukti Leksono
Dwi Indah Suryani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4557

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan secara daring selama dua tahun menyisakan permasalahan di sekolah yakni permasalahan minat belajar siswa yang rendah. Melalui wawancara diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah kurang variatif sehingga pembelajaran tidak berkembang dengan menyenangkan. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar e-Ensiklopedia IPA berbasis etnosains dengan tema ragam jamu Indonesia untuk menumbuhkan minat belajar. Alasan pemilihan e-Ensiklopedia IPA sebagai bahan ajar yang dikembangkan adalah karena e-Ensiklopedia IPA adalah buku referensi sehingga diharapkan penggunaan e-Ensiklopedia IPA dapat membantu mengembangkan pembelajaran. Studi ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D milik Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil TA 2022/2023 di 2 SMP Negeri di Kota Serang dengan sampel 30 siswa kelas VIII. Nilai persentase validasi ahli bahan adalah 92,5% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Nilai persentase validasi ahli materi adalah 92% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Nilai persentase validasi ahli praktisi adalah 93% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Lalu nilai persentase respon siswa didapatkan persentase sebesar 82,5% termasuk ke dalam kategori sangat baik.


Keywords


bahan ajar; e-ensiklopedia IPA; minat belajar

Article Metrics :

References


Amuntu, S., Rede, A., Pasaribu, M 2016, ‘Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning Pada Tema Lingkungan Di Kelas II SDN 2 Talise’, e-Jurnal Mitra Sains, vol. 4, no. 3

Cahyadi, A 2019, 'Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur', Penerbit Laksita Indonesia : Serang

Dwiyogo, W 2014, 'Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) vol. 21., no. 1

Ferinaindis, N., Wirawan, I., dan Santosa, H 2020, ‘Penerapan Konsep Warna Dingin pada Tata Artistik Program Televisi Dunia Anak TVRI Bali’, Mudra: Jurnal Seni Budaya, vol. 35, no. 1

Friantini, R dan Winata, R 2019, ‘Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika’, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol. 4, no. 1, pp: 6 – 11.

Golu, S 2016, ‘Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bangkalan’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-5.

Hernawan, A dan Resmini, N 2017, Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu, Universitas Terbuka: Tangerang

Magdalena, I., Prabandani, R., dan Rini, E 2020, ‘Analisis Pengembangan Bahan Ajar’, Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 2., no. 2.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S.A., dan Lazuardi, J 2022, 'Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia', Sosial, Budaya, Politik Masyarakat dan Komunikasi, vol. 1., No. 2

Nesri, FDP 2020, ‘Pengembangan Modul Ajar Cetak Dan Elektronik Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirini Muntilan’ AKISOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3

Peraturan Menteri Kesehatan No 003/Menkes/Per/I/2010 tentang Saintifikasi Jamu Dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan

Pramono, A 2020, ‘Analisis Kesulitan Belajar IPA dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2’, Prosiding IKIP PGRI Bojonegoro, pp: 210 – 214

Pribadi, B 2019, ‘Pengembangan Bahan Ajar (edisi 2)’, Universitas Terbuka: Tangerang Selatan

Purwanto 2014, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Rosyidah, A dan Sudarmin, Siadi, K 2013, ‘Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegadong Kendal’, Unnes Science Education Journal, vol. 2, no. 1

Saryono 2010, Metodologi Penelitian Edisi 3, Mitra Cendekia Press: Yogyakarta

Setyowati, A., Fauziah, A., Purwanto, N. 2020, ‘Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati’, Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, vol. 7, no. 1, pp: 1-6

Slameto 2010, Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudirman, D 2014, ‘Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pewarisan Sifat di Kelas IX SMPN 36 Batam’, Simbiosa, vol. 3, no.1

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Sutarsih, 2018, 'Pemilihan Kata Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penugasan Bahan Ajar' Universitas Muhammadiyah Sidoarjo : Sidoarjo

Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern: A Sourcebook. Washington, D.C : Indiana Univ., Bloomington, Center for Innovation Teaching the Handicapped.

Tia, D 2020, ‘Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Berbasis e-Modul Interaktif Untuk Siswa Kelas IX’, thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Wijaya, K 2012, ‘Mengenal Penelitian Tindakan kelas’, Jakarta: PT. Indeks.