PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA SISWA SMP KELAS VII

Novita Noramelia
Yasmine Khairunnisa
Maya Istyadji


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4497

Abstract


Modul IPA materi Bumi dan Tata Surya yang berfungsi sebagai jembatan antara berbagai mata kuliah ilmiah di sekolah-sekolah saat ini belum tersedia, sehingga penelitian ini dilakukan di tempat mereka. Topik yang dicakup oleh modul terbatas pada tata surya dan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) keefektivan modul (4) Partisipasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran media pembelajaran modul elektronik . Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Banjarmasin. Produk dari penelitian ini adalah modul elektronik yang valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peneliti melakukan validasi kepada pakar/ahli, yaitu dosen dan guru IPA SMP serta uji respon terhadap peserta didik kelas VII A SMPN 1 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi modul, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian modul menunjukkan validitas dengan skor rata-rata 84,5% (valid dengan perubahan minor), kepraktisan dengan skor 92% (sangat praktis), efektivitas dengan rata-rata skor N-gain 0,728 (Tinggi), dan tingkat partisipasi dengan rata-rata 95,14% (sangat partisipatif). Dari hasil yang didapat maka bisa disimpulkan bahwa modul elektronik IPA materi Bumi dan tata surya layak digunakan pada pembelajaran dikategorikan valid, memberikan kepraktisan kepada peserta didik, mempunyai efektivitas yang cukup, dan dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas.


Keywords


modul elektronik; partisipasi; bumi dan tata surya

Article Metrics :

References


Hidayat, M., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX. Jambi. Universitas Jambi.

R. Ledema. (2003). Multimodality, Resemiotization: Extending the Analysis of Discourse as Multisemiotic Practice. Visual Comunication.

R. Mulyani. (2019). Studi Komparasi:Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika 10 Kata. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, V(1).

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther & James D. Russel. (2011). Instructional technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (alih bahasa: Arif Rohman). Kencana Prenada Media group.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6 (2).

Sri Narwanti. (2011). Cretive Learning, Menjadi Guru Kreatif dan Favorit. Familia.

Suarsana, I. M., & G.A, M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, II.

Subarkah, Cucu Zenab et all. (2021). Developing E-module on the Topic of Integrated Addictive Substances with Islamic Values. JTK: Jurnal Tadris Kimiya. 6 (1 ). 16-25

Sudarwan Danim. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. PT. bumi Aksara.

Suparwoto. (2004). Kemampuan Dasar Mengajar. FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjasyono, B. (2013). Ilmu Kebumian dan Antariksa. PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vince Marselina, Ali Muhtadi. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 6, No. 2,.

Wahyu, E., dkk. (2017). Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. PP-PAUD dan Dikmas.

Wanabuliandari, S. (2016). Pengenalan Budaya Lokal Kota Kudus Melalui Pembelajaran Etnomatematika Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. 1-12

Y. Chen. (2010). Exploring Dialogic Engagement with Readers in Multimodal EFL Textbooks in China. Visual Communication.

Yediarani, R. D., Maison, M., & Syarkowi, A. (2019). Scientific Reasoning Abilities Profil of Junior High School Students in Jambi. Indonesian Journal of Science and Education, 3(1).

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.