PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO PADA SUB MATERI MENGENAL MATAHARI LEBIH DEKAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini membahas pengembangan media pembelajaran Uno Stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat. Tujuan penelitian meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 1 Banjarmasin yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk penelitian ialah uno stacko yang valid, praktis, dan efetif serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen berupa lembar angket pendapat siswa terhadap pemberian media pembelajaran Uno Stacko setelah pembelajaran serta lembar angket motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan Uno Stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat mendapatkan persentase hasil uji validasi ahli materi 75,76%, uji kepraktisan 80,16%, uji efektivitas dengan kategori media mempunyai keefektivitasan yang cukup, dan motivasi siswa meningkat 73,75%. Berdasarkan hasil, media pembelajaran berbasis permainan Uno Stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat dikategorikan valid, memberikan kepraktisan kepada siswa, mempunyai efektivitas yang cukup, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Cahyani, S. M. R. T., Sjaifuddin., & Nestiadi, A.(2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education. 6(2), 315-321.
Hidayat. R., Hakim. L., & Lia. L.(2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7(2), 97-104.
Marsa. P. B., & Desnita. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau dari Kebutuhan Belajar Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (JPE). 4(1), 81-88.
Nurrita, T. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah. 3(1), 171-187.
Rohaeni. S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional . 1(2), 122-130.
Sanjaya, W. (2017). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Shidik. M. A, 2020. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Baraka. Jurnal Kumparan Fisika. 3(2), 91-98.
Sintiawati. R., Sinaga. P., & Karim. S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration. 4(1), 1-10.
Surata. K., Sudiana. M. I., & Sudirgayasa. G.I. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology. 4(1), 22-27.
Virlianingtyas. A. P. (2019). Penerapan Metode Permainan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Konvensional Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Materi Protista Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Pangudi Luhur Sedayu. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), 89–99