KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERWAWASAN LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi oleh lingkungan belajar yang tidak menarik dan peserta didik tidak mendapatkan pengalaman belajarnya sehingga kemampuan kognitif peserta didik masih rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model project based learning berwawasan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu deskriftif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik purposiv sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Nurul Huda yang berada di Kabupaten Sukabumi pada tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Instrumen berupa tes kemampuan kognitif. Hasil yang didapatkan yaitu rata-rata pretest 46,06 ± 11 dan posttest 73,33 ± 10. Persentase rerata kemampuan kognitif peserta didik sebesar 67,9% termasuk ke dalam kategori baik. Adapun persentase setiap indikator kemampuan kognitif adalah C1 sebesar 79,1%, C2 sebesar 73,5%, C3 sebesar 59,1%, C4 sebesar 68,2%, C5 dan C6 sebesar 63,6%. Dengan demikian model project based learning berwawasan lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpend idikandasar.v3i2.1186
Handayani, L. (2020). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning pada masa pandemi covid-19 bagi peserta didik SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
Khoiri, N., Rejo, W., & Susilawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Kit GGL Induksi untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 24–30.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
Khoiri, N., Rejo, W., & Susilawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Kit GGL Induksi untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 24–30.
Rahmatullah, A. K., Ramdhan, B., & Windyariani, S. (2020). Profil Kemampuan Kognitif Peserta Didik Berbantuan Google Form Di SMA Kota Sukabumi. Jurnal Bioeducation, 2(6), 37–44.
Rahmawati, N. A. (2020). Pengaruh Model PjBL ( Project Based Learning ) Berwawasan Lingkungan terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Reguler pada Tema Pencemaran Lingkungan di SMP N 1 Jenangan Ponorogo. 1–62.
Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.
Siswanto, Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Implementation of Generate Argument Instructional Model Using Scientific Method To Increase the Cognitive Abilities and Argumentation Skills of Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 104–116. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3347
Sriyana, S., & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2548
Susanto, D. A., & Fatahilah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Edukasi UNEJ, II, 1–4.
Titin, widha sunarno, M. M. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Berbasis Proyek. 1(3), 245–257.
Rahmawati, N. A. (2020). Pengaruh Model PjBL ( Project Based Learning ) Berwawasan Lingkungan terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Reguler pada Tema Pencemaran Lingkungan di SMP N 1 Jenangan Ponorogo. 1–62.
Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Peserta didik yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Education, 1(1), 1–12.
Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.
Siswanto, Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Implementation of Generate Argument Instructional Model Using Scientific Method To Increase the Cognitive Abilities and Argumentation Skills of Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 104–116. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3347
Sriyana, S., & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2548
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta
Titin, Widha sunarno, M. M. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Berbasis Proyek. 1(3), 245–257. http://jurnal.pasca.uns.ac.id
Wahyudi, L.E, Supardi, Z.A.I. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses SAINS Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep. JIPF 2(2)
Widiasworo. 2017. Strtegi dan Metode Mengajar Diluar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif dan Komunikatif. Ar-Ruzz Media. Dempok, Sleman, Yogyakarta. ISBN : 978- 602-313-006-5
Widodo, Widodo, and Lusi Widayanti. "Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Metode Problem Based Learning Pada Peserta didik Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013." Jurnal Fisika Indonesia UGM, vol. 17, no. 49, 2013.