PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TEMA ANGGOTA TUBUH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII

Sami Azi Pangestu
Suroso Mukti Leksono
Liska Berlian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4346

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya media berbasis audiovisual yang lebih menarik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pada tema anggota tubuh serta masih kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi dan mengetahui tingkat efisiensinya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg and Gall. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan lembar validasi. Media pembelajaran berbasis video animasi dikembangkan dengan langkah-langkah menggali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan video animasi tema anggota tubuh untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII  sebesar 89% dengan kategori sangat valid, sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran.


Keywords


media pembelajaran; video animasi; berpikir kreatif

Article Metrics :

References


Alfianti, et al,. (2020). Pengembangan MedianPembelajaran IpsnVideo Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku.Premiere Educandum : JurnalnPendidikan DasarnDan Pembelajaran. https: //doi.org/10.25278/pe.v8i2.2905

Arsyad, Azhar. 2016..Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Auliasari, R., & Sujadi, I,. n2021. Junior High School Students ’ Creative Thinking Process on Equation of Straight Lines. 1808, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012061

Hersandi, M., dkk,. 2017. PengembangannBahannAjarnLembar Kerja Siswa (LKS) DalamnBentuk BrosurnUntuk Pembelajaran IPA di SMP Ditinjau Dari Aspek Kegrafikanya. Jurnal Pembelajaran & Pendidikan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 57-64

Indaryanti, dkk. 2019. AnalisisnKesesuaiannIndikatornterhadapnKompetensinDasar pada PelajarannMatematika oleh Guru Sekolah MenengahnPalembang. Jurnal Gantang,

Irawati, Tri Novita. 2018. Analisis Kemampuan berpikirnTingkat TingginSiswa SMP Dalam MenyelesaikannSoal Pemecahan MasalahnMatematikanPada MaterinBilangan Bulat. Jurnal Gammath, nvol. 3, no. 2, pp. 1-7.

Octaviyani, I., dkk,. 2020. Peningkatannkemampuan berpikirnkreatif matematis siswa melalui model project-based learning.

Prasetya, dkk,. 2021. PengembangannVideonAnimasinPembelajarannPada Mata Pelajaran Matematika. Rineka Cipta.

Pujiriyanto. 2020. Desainngraftsnkomputer;nteori grafts komputer,Yogyakarta: Andi Offset.

Nurjanah, R., & Efendi, A. 2019. LiterarynLearningnfornTeenager Inmates innInstitute for ChildrennSpecialnRehabilitation. JurnalnCakrawala endidikan,n38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831 /cp.v38i3.27322

Mahardika, dkk,. 2021. E-ModulenApplicationnDevelopmentnBased on Android in Thematic Learning for 3rd Grade Elementary School. Akademika, vol. 10, no. 1, pp. 13-24

Mahfuddin, FM & Wahyuni, S 2021, ‘Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMP Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics)

Saputri, A. H. (2020). Pengembangan BahannAjar Berbasis Budaya Lokal Kalimantan Barat untuk kelas IV Sekolah Dasar Negeri 58 Kecamatan Sungai Raya Kubu Raya [Skripsi]. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sembiring, dkk,. (2021). E-modul Ipa UntuknMemfasilitasi Siswa Menengah Atas. 11.

Sidh, C.-P., & Dan, B. 2021. Penerapannpendidikan jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19 pada sidh belanda dan sikl malaysia.nPT. Bumi Aksara.

Siswono, T.Y.E. (2018). Model PembelajarannMatematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirnKreatif.nSurabaya: Unesa Uniersity Press.

Yuliawati, dkk,. (2017). Flipbooknsebagai MedianPembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.