PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Salma Rachmadhina Aulia
Fitri Alyani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4301

Abstract


Peneliti melakukan observasi, guru masih monoton menggunakan pembelajaran ceramah yang membuat kurang menarik, tentunya hal ini dapat menurunkan minat belajar yang berakibat rendahnya nilai siswa. Penelitian ini bertujuan melihat dampak keberhasilan media animasi pada perubahan belajar IPA di kelas V SDN Tengah 01 Pagi. Metode Quasi experimental tipe nonequivalent control group design, data populasi diambil dari 2  kelompok sampel ekperimen dan kontrol. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa, terdapat  kelas eksperimen 29 siswa dan kelas kontrol 29 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen pretest dan posttest, dengan analisis data meliputi uji analisis statistik deksriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil didapatkan kelas eksperimen memiliki rata-rata 76,21 lebih tinggi dipadankan kelas kontrol 71,38. Pengujian dengan uji-T dapat melihat dampak keberhasilan media animasi pada belajar IPA. Hasil uji-T mendapat 0,024 maka sig. (2-tailed) > 0,05 menyatakan media animasi memberikan dampak pada keberhasilan perubahan belajar IPA siswa kelas V SDN Tengah 01 Pagi.


Keywords


media animasi; hasil belajar; IPA

Article Metrics :

References


Donuata, P. B. (2019). Efektivitas Pemberian Pre Test dan Post Test Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Chemur, 2(1).

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/ 10.30812/varian.v2i1.331

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi. org/10.31980/plusminus.v2i1.1521

Gita Herawati, Ida Bagus Kade Gunayasa, S. I. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https:// doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2423

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Ting kat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27.

Madang, K., Santoso, L., & Pasela, W. (2017). Pengaruh Pendekatan Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (savi) Berbantuan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1, 71–78. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ dikbio/article/view/964

Maya Ayuningdyah, K. K. (2018). Pengembangan Media Animasi Pelaja ran Matematika Materi Bidang Datar Simetris Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Jatikalen 3 Nganjuk. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 0, 1–5.

Mhd Saleh, L. W. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. 73(1), 99–107.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202–213.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/ 10.31869/ ip.v7i1.2281

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/ jorpres. v13i1.12884