PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA BERBASIS MACROMEDIA FLASH POKOK BAHASAN GELOMBANG PADA EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran bertujuan untuk mendekatkan peserta didik pada pengalaman yang lebih konkret sehingga pesan dan tujuan yang akan disampaikan benar-benar tercapai. Menggunakan macromedia flast ini juga dapat memudahkan pelajar untuk memahami materi yang ditampilkan secara singkat dan jelas. Jadi Macromedia flash salah satu multimedia yang dapat digunakan untuk membuat vidio, animasi, gambar, dan suara dengan cara yang mudah dan efektif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan LKS berbasis macromedia flash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Quasi-experimental. Hasil dari penelitian berupa nilai pretes dan postes lalu dilakukan uji normalitas data. Dapat disimpulkan dari hasil data yang diperoleh membuktikan bahwa media yang digunakan sudah efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/ 10.33752/ed-humanistics.v4i1.359
Adita, A., & Julanto, T. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 69–73. http://jurnalppkm. unsiq. ac.id/index.php/ppkm/article/view/82
Azkiyah, A., Sunandar, S., & Utami, R. E. (2020). Efektivitas Strategi Index Card Match Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.26877/ imajiner.v2i1.5759
Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., & Wardani, K. D. K. A. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=i69VEAAAQBAJ
Dewi, N. R., Ardiansyah, A. S., & Andriyanto, S. S. M. P. (2022). DASAR DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Penerbit Lakeisha. https://books.goo gle.co.id/books?id=baeSEAAAQBAJ
Felintina, Y., Pramesti, D., & R., S. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education, 1(1), 86–94.
Hidayat, A. A. (2021). Metodologi Keperawatan untuk Pendidikan Vokasi. Health Books Publishing. https://books.google.co.id/books?id=hR0fEAAAQBAJ
Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. 5(1), 1–9.
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148–153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69
Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–7.
Ulfa, M., & Saputra, H. (2019). fect of Macromedia Flash Learning Media With RePengaruh Media Pembelajaran Makromedia Flash dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Hasil Belajar Siswa The Efalistic Mathematics Approach to Student Learning Outcomes To cite this article : Pengaruh Med. Triple S, 2(1), 12–21.