PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran mahasiwa bimbingan kampus mengajar angkatan 5 dalam meningkatkan dan mengembangkan kemmapuan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan/ program apa saja yang dilukan mahasiswa KM 5 untuk mendukung tujuan dari peningkatan literasi dan numerasi. Soft skill dan hard skill apa yang didapatkan mahasiwa KM 5 dalam kegiatan MBKM ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jumlah mahasiswa bimbingan sebanyal 9 orang. Pengambilan data digunakan wawancara, observasi dan dokumentsi dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian inia dalah peran mahasiswa KM 5 in sagant banyak dalam meningktakan kemampuan literasi dan numerasi yang dituangkan dalam berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan membantu guru dalam kegiatan pembelajaran. Adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran, memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswa dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Albar, R., Susilawati, S., & Fatmawati, D. P. (2022). Penerapan media pembelajaran berbasis augmanted reality pada materi phytagoras untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 371–380.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.
Dewi, A. S., Arifin, Z., Purnomo, E., Siswanto, H., Korespondensi, *, Anggun, P., & Dewi, S. (2023). Adaptasi teknologi dan literasi melalui program kampus mengajar di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon. JIKM: Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.61
Dwi Yanto, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran TAPPS Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Class Dojo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, 4, 336–343. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi program kampus mengajar angkatan 4 dalam meningkatkan literasi dan numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.127
Hariyanti, H., Permadi, G. C., Kartasasmita, S., Sari, F. A., Alrafni, A., & Suryanef, S. (2023). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri , 7(2), 1482–1496.
Jamaludin, J., Alanur, S. N., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553
Kore, A., & Tauran, S. F. (2022). Analisis literasi matematika siswa SMP pada materi aritmatika sosial berdasarkan gaya belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.376
Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951
Nurfauziah, S., & Fatonah, N. (2023). Implementasi program kampus mengajar dalam membangun budaya literasi baca tulis di SDN 2 Purbayani. Juenal PGSD UNIGA, 2(1), 113–120.
Nurzila. (2022). Dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar peru strategi tepat guna. Jurnal Literasiologi , 4(1), 89–98.
Pulungan, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linier siswa SMP PAB 2 Helvetia. JOTE (Journal on Teacher Education), 3(3), 266–274.
Purba, M. R. (2023). Pelaksanaan kegiatan merdeka belajar kampus mengajar di SMP swasta Tut Wuri Handayani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 369–374.
Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan media website hybrid learning berbasis kemampuan literasi digital dalam pembelajaran fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 7(1), 131–142.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Siahaan, M., Lumbansiantar, R., Manullang, D. T., & Sianipar, V. M. B. (2023). Pengaruh program kampus mengajar angkatan IV dalam meningkatkan kompetensi literasi dan kompetensi numerasi siswa SMP Terpadu Al-Bukhari Muslim Medan tahun ajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(4), 14834–14849.
Sianipar, V. M. B., & Sitompul, S. A. (2023). Pelaksanaan kegiatan kampus mengajar angkatan IV di SD Negeri 173118 Peanajagar dalam literasi dan numerasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3878–3883.
Silvester, S., Purnasari, P. D., Aurelly, B. T., & Gunawan, R. (2022). Analisis kemampuan guru penggerak pada jenjang sekolah dasar di wilayah perbatasan dalam perspektif literasi teknologi digital. Sebatik, 26(2), 412–419. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1978
Sipayung, K. T., Sianipar, V. M. B., Saragih, R. B., Gultom, S. P., Sitinjak, G., Sitohang, H., & Simarmata, J. J. P. B. (2023). Persepsi peserta kampus mengajar terhadap profil lulusan program studi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 628–641. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4069
Suharyati, H., Rahmwati, Y., Mugiyanti, M., Setyarini, E. A., Katili, A. Y., Rachman, E., Gobel, L. Van, Nggilu, R., Sumartono, E., Surbakti, E., Suchyadi, Y., Nurjanah, N., & Regita, S. M. (2023). Pengalaman Pembelajaran dalam Era MBKM (R. T. Manurung, Ed.). Ideas Publishing.
Umami, N., Jatmika, A. H., & Basariah, B. (2023). Penerapan teknologi untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa SDN 1 Kelayu Utara melalui program kampus mengajar angkatan 4 tahun 2022. JBegaTI, 4(1), 92–97. http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/
Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa melalui program kampus mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125–133.https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.128