PENERAPAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI POKOK SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK KELAS VB SDN DADAPREJO 01 KOTA BATU

Nurlyta Virlyani - [ https://orcid.org/0000-0003-0880-7979 ]
Nur Widodo
Elia Rovi Luddi Anofa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4161

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik kelas VB SDN Dadaprejo 01 Kota Batu tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan pendekatan Computational Thinking pada materi pokok Siklus Air. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berkolaborasi antara peneliti, dosen pembimbing lapangan, dan guru yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Pendekatan Computational Thinking (CT) diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran yang terdiri dari tahap tinkering, creating, debugging, persevering, dan collaborating. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VB SDN Dadaprejo 01 Kota Batu yang berjumlah 25 peserta didik. Aspek kemampuan problem solving yang diteliti menganut empat aspek kemampuan problem solving G. Polya. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan problem solving dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dihasilkan peningkatan kompetensi problem solving di siklus 1 dengan nilai n-gain 0,59  dan pada siklus II mendapatkan nilai n-gain 0,60. Dapat disimpulkan dari kedua nilai n-gain tersebut, pendekatan Computational Thinking (CT) cukup efektif meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik.


Keywords


Computational thinking; problem solving; siklus air

Article Metrics :

References


Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research: Vol. I (N. Falahia, Ed.). CV. Pena Persada.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA, 297–303.

Cho, Y. H., Caleon, I. S., & Kapur, M. (2015). Authentic Problem Solving and Learning for Twenty-First Century Learners. http://www.springer.com/series/10092

Ergül, R., Ekl, Y., Çali, S., Özdlek Irin Göçmençeleb, Z., & Anli, M. (2011). THE EFFECTS OF INQUIRY-BASED SCIENCE TEACHING ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SCIENCE PROCESS SKILLS AND SCIENCE ATTITUDES. In Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP) (Vol. 5, Issue 1).

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). https://prosiding.iahntp.ac.id

Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30, 17–27.

Indradewi, I. G. A. A. D., Dewi, N. P. N. P., Pratiwi, P. Y., & Handayani, I. R. (2022). PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PENYELESAIAN MASALAH BAGI SISWA SD LABORATORIUM UNDIKSHA. 379–388.

Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 116–121.

Lapawi, N., & Husnin, H. (2020). The Effect of Computational Thinking Module on Achievement in Scienceonal Thinking Modules on Achievement in Science. Science Education International, 31(2), 164–171. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i2.5

Nurwita, F., Kusumah, Y. S., & Priatna, N. (2022). Exploring students’ mathematical Computational Thinking ability in solving pythagorean theorem problems. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 13, Issue 2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Polya, G. (1957). How To Solve It: Vol. II (Second Edition). Doubleday Anchor Books.

Redhana, W. (2019). PEMBELAJARAN KIMIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13, 2239–2253.

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Syukur, A., Hafdhoh, ul, Yudi Hidayat, E., Dian Nuswantoro, U., & Imam Bonjol No, J. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang THE INTRODUCTION OF COMPUTATIONAL THINKING AS A PROBLEM SOLVING METHOD FOR TEACHERS AND STUDENTS IN SEMARANG CITY. In ABDIMASKU (Vol. 2, Issue 2).

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research: Vol. I (N. Falahia, Ed.). CV. Pena Persada.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA, 297–303.

Cho, Y. H., Caleon, I. S., & Kapur, M. (2015). Authentic Problem Solving and Learning for Twenty-First Century Learners. http://www.springer.com/series/10092

Ergül, R., Ekl, Y., Çali, S., Özdlek Irin Göçmençeleb, Z., & Anli, M. (2011). THE EFFECTS OF INQUIRY-BASED SCIENCE TEACHING ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SCIENCE PROCESS SKILLS AND SCIENCE ATTITUDES. In Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP) (Vol. 5, Issue 1).

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). https://prosiding.iahntp.ac.id

Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30, 17–27.

Indradewi, I. G. A. A. D., Dewi, N. P. N. P., Pratiwi, P. Y., & Handayani, I. R. (2022). PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PENYELESAIAN MASALAH BAGI SISWA SD LABORATORIUM UNDIKSHA. 379–388.

Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 116–121.

Lapawi, N., & Husnin, H. (2020). The Effect of Computational Thinking Module on Achievement in Scienceonal Thinking Modules on Achievement in Science. Science Education International, 31(2), 164–171. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i2.5

Nurwita, F., Kusumah, Y. S., & Priatna, N. (2022). Exploring students’ mathematical Computational Thinking ability in solving pythagorean theorem problems. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 13, Issue 2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Polya, G. (1957). How To Solve It: Vol. II (Second Edition). Doubleday Anchor Books.

Redhana, W. (2019). PEMBELAJARAN KIMIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13, 2239–2253.

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Syukur, A., Hafdhoh, ul, Yudi Hidayat, E., Dian Nuswantoro, U., & Imam Bonjol No, J. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang THE INTRODUCTION OF COMPUTATIONAL THINKING AS A PROBLEM SOLVING METHOD FOR TEACHERS AND STUDENTS IN SEMARANG CITY. In ABDIMASKU (Vol. 2, Issue 2).

Szabo, Z. K., Körtesi, P., Guncaga, J., Szabo, D., & Neag, R. (2020). Examples of problem-solving strategies in mathematics education supporting the sustainability of 21st-century skills. Sustainability (Switzerland), 12(23), 1–28. https://doi.org/10.3390/su122310113

Wahyudiana, E., Sagita, J., Iasha, V., Setiantini, A., & Setiarini, A. (2021). B U A N A P E N D I D I K A N Modul Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. In Buana Pendidikan (Vol. 17, Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index

Wahyuni, S., Indrawati, I., Sudarti, S., & Suana, W. (2017). Developing science process skills and problem-solving abilities based on outdoor learning in junior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 165–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.6849

Waterman, K. P., Goldsmith, L., & Pasquale, M. (2020). Integrating Computational Thinking into Elementary Science Curriculum: an Examination of Activities that Support Students’ Computational Thinking in the Service of Disciplinary Learning. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 53–64. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09801-y

Zaharin, N. L., Sharif, S., & Mariappan, M. (2018). Computational Thinking: A Strategy for Developing Problem Solving Skills and Higher Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i10/5297