PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KAMBERA

Agata Lemba Eut
Yohana Makaborang
Yohana Ndjoeroemana


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4113

Abstract


The research was conducted with the aim of knowing student learning outcomes using the Jigsaw cooperative learning model on the subject of the human digestive system at SMP Negeri 1 Kambera. This research is a Classroom Action Research (PTK) consisting of pre-cycle activities, cycle 1 and cycle 2, with a total of 32 students. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. In pre-cycle activities, it was found that overall student learning outcomes were 56.0%, the number of students who completed 4 students with a percentage of 12.5% and those who did not complete were 28 students with a percentage of 87.5%. Furthermore, in cycle 1, student activities consisting of affective aspects included 11 students with good predicates and 21 students with sufficient predicates. Then the learning outcomes in cycle 1 mean the average value of all students is 67.1 students who complete consist of 12 people with a percentage of 37.5% who do not complete consisting of 20 people with a percentage of 62.5%. In cycle 2 affective there were 15 students with very good predicates and 17 students with good predicates. Learning outcomes in cycle 2, the average value of all students is 82.0 students who complete consist of 29 students with a percentage of 90.6% and students who do not complete consist of 3 students with a percentage of 9.3%. Thus it can be concluded that the application of the jigsaw cooperative learning model to improve learning outcomes of the human digestive system material in class VIII A students of SMP Negeri 1 Kambera.

Keywords


Model pembelajaran; kooperatif; tipe Jigsaw; hasil belajar

Article Metrics :

References


Abdul. (2010). Pendidikan. Adminstrasi Pendidikan, 1.

Agus.(2011). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kinerja Siswa Akuntansi SMA Negeri 2 Karanganyar

Akademia Jaro Tahun Pelajaran 2011/2012. JUPE AS, 5

Alfonisa. (2016). Model pembelajaran tipe jigsaw. Jurnal Pendidikan, 24.

Amri. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Penddikan , 296-308.

Ardianto (2013) Peningkatan Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Media Book Garis Bilangan Yang Melibatkan Siswa Secara Langsung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,398.

Asep. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 14.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran Ilmu dan Teknologi Pendidikan, 35.

Desi, M. (2015). Dibagikan dalam bentuk puzzle dengan peta konsep bertema biologi oleh siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Kecamatan Lembah Gumanti. Disertasi. STKIP PGRI. Padang. 53

Dewi (2019) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Winong Mirit Kebumen Budiarti. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 5 Kota Metro (Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII). Elementary, 173-189.

Fadliyani. (2014). Pembelajaran kolaboratif gaya puzzle pada konsep sistem pencernaan manusia pada hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. biotik, 233-9812.

Fathurrohman. (2015). Model pendidikan bermanfaat. Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Farida. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Muhamadiyah Talunggung. Pendidikan, 25.

Haryana. (2012). Penggunaan kolaboratif metode puzzle pada perubahan polusi mayor untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XC SMA Luhur Sedayu. Disertasi, Universitas Samata, 15.

Herviza, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model kolaboratif ala pesek pada siswa SMPN 3 Kauri. pengajaran dan pembelajaran biologi, 94-101.

Hutauruk, d. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba Sej . School Eduacation, 122. Indrawati. (2011). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembeajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5.

Isjoni (2019). Pembelajaran Kooperatif.Yogyakarta:Pusat Pelajar 77. Kusnandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan, 45.

Lion, T. (2021). Kenaikan hasil belajar siswa dengan menerapkan cara Cooperative Learning Jigsaw. Materi sistem pernapasan manusia pada Kelas XI IPA SMAS Setiawan Nangaroro tahun ajaran 2020/2021. Politik, Hukum, Sosial Budaya, dan Pendidikan, 296-308. 54

M. A. Hertiavi, H. L. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP . Pendidikan Fisika Indonesia, 53-57. Miftahul. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 204.

Mahanal, S. Z. (2017). Buku IPA SMP Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Makaborang. (2019). Evaluasi

Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri Manajemen Pendidikan, 135.

Mardiana. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur. http://repository.unib.ac.id/id/eprin t/8984

Masyirah (2012) titolita “Efektivigo de Cooperative Puzzle Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tingkat Dasar Di SMP”.

Nasriyati, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Montasik Aceh Besar. Seranbi Konsruktivis, 71- 80.

Purono, D. (2020). Meningkatkan pemahaman konsep biologi dengan menerapkan model Cooperative Learning Jigsaw pada siswa kelas XI IPA. kelas Formasi Tambusai, 1719-1727.

Risanti, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Puzzle untuk penambahan sikap dan Penampilan Belajar 55 Baseline Survey XI. Kelas AK1 SMK YPE Swunggalih . Falkutas Ekonomi.

Rusman. (2010). Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi ke-2). Jakarta:Countess, Raja Persada.

Rusman. (2016). Pembelajaran kooperatif bergaya puzzle. Seperti Salam, dokter ke-220. (2013). Menerapkan model pembelajaran kreatif produktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pengajaran di program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 5.

Sudjana. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Melalui Pendekatan Konteskstual Berbasisis Masalah Siswa Kelas IV Negeri 007 Sidomulyo Tahun Ajaran 2016/20177. Mitra Pendidikan. 22.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Aphabet. Sugiono. (2019). Metode Penelitian Bagian Sampel. Jurnal Akuntansi, 127. Suparman. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Bio edukasi, 294.

Wehemina. (2019). Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 2.

Winkel. (2015). Taksonomi Bloom Ranah Kognitif. Jurnal Pendidikan.