PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 WAINGAPU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi akademik atau hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia kelas VIII di SMP Negeri 3 Waingapu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Waingapu. Dalam pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan lembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda dan isian.Perbandingan dapat diketahui bahwa pada siklus II mengalami peningkatan, kategori sangat baik dengan presentase 71% dan kategori baik 25%, kategori cukup 3%, sedangkan untuk kategori kurang 0%. Dengan melihat persentase ketuntasan siswa yang menggunakan model pembelajaran project-based learning berbantuan media 3 dimensi di kelas VIII SMP Negeri 3 Waingapu mengalami peningkatan dari siklus I ke- siklus II, Nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 73, 75% dan siklus II yaitu 86, 43%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, F., & Bahri, A. (2018). Keefektifan Model PjBL (Project-Based Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran G Secara Berbeda. Pembelajaran Biologi, 1(1).
Alfiani, L., & Rahayu, R. (2022, April). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) (hlm. 44- 57).
Anwar, Saifuddin (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar
Azhari, M. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Rencana Anggaran Biaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/Jkptb/17).
Dismawan, Muhammad Fajar, dkk. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Tesis yang tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Febriyanti, S. (2019). Penerapan Model Pjbl (Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Seni Budaya dan Kerajinan Tangan Kelas II Tahun Pelajaran 2018/2019 (Disertasi Doktoral, Universitas Pendidikan Indonesia).
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Memperkenalkan penelitian aksi partisipatif kritis. Perencana penelitian tindakan, 1- 31.
Made wena. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145.
Purwandari, N. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SDN
Srandakan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar
Putro, B.S. (2017). Penerapan integrasi model pembelajaran Project Based Learning dan Part-Whole untuk
meningkatkan hasil belajar aktivitas ritmik mata pelajaran SKJ 2012 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2016/2017.
Risnawati, A.R.I. (2013). Penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-7.
Sholichah, A., Supratno, H., & Siswanto,
M.B.E. (2020). Pengaruh Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(5), 1033-1039.
Sugiyanto, S., Priyono, P., Wasito, H., Isnandar, I., & Wena, M. (2022, Juni). Dampak Model Pembelajaran Berbasis Program Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Kuliah Konstruksi Batu Dan Beton. Dalam Prosiding Konferensi AIP (Vol. 2489, No. 1, hal. 030014). Penerbitan AIP LLC.
Yanti, N.L.N., Penulis, K.B., & Suparya,
I.K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Widya jaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1).