PENGARUH MULTIMEDIA BUKU DIGITAL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Arini Haqque
Haning Hasbiyati - [ https://orcid.org/0000-0002-3623-5958 ]
Benny Afandi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4097

Abstract


Pesatnya arus wabah berdampak juga pada sektor pendidikan salah satunya dalam media pembelajaran. Buku bentuk digital daripada media pembelajaran dinilai efisien dan efektif dalam menunjang hasil belajar siswa, karena didalamnya selain terdapat gambar atau fitur-fitur berupa animasi, berita, juga terdapat video yang dapat memberikan visualisasi materi dengan lebih jelas dan nyata sehingga siswa dengan mudah dalam pemahaman materi . Mengetahui pengaruh buku digital materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa merupakan maksud dari penelitian ini. Pemecah masalah dengan metode quasi eksperimen dengan desain the post-test only control group. Kegiatan penelitian dengan dua kelas, buku digital diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol menggunakan buku LKS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku digital dengan materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa, sehingga hal ini dinilai efektif sebagai media dalam pembelajaran siswa dengan hasil mengungkapkan rata-rata dalam eksperimen kelas pasca tes nilai lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol .


Keywords


buku digital; pencemaran lingkungan; hasil belajar

Article Metrics :

References


Afidati, N. I., Hasbiyati, H., & Sudiarti, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media E-Book Berbasis Smartphone Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 33-40.

Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 4(1), 25–36.

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.

Arnidah, A., Anwar, C. R., & Hasfat, H. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Buku Elektronik Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2).

Darlen, Rikma Fitrialeni., Sjarkawi., & Lukman, A. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika Smp. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1), 13–23.

Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1562–1577. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/653

Hasbiyati, H. (2020). Analisa Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Pada Peningkatan Hasil Belajar Biologi. Bio-Lectura, 7(1), 10–14. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4034

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Tought of Islamic Education, 1(1), 1-21.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) pada Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. (2019). Prosiding: STKIP Agama Hindu Amlapura., 88-102.

Setiawan, D. A., & Towaf, S. M. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. 2013, 1133–1141.

Suyasa, P. W. A., Gede, D., Divayana, H., Ganesha, U. P., & Ganesha, U. P. (2018). Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejujuran, 15(2), 222–233.

Wijayanti, M. (2018). Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. Seminar Nasional Fisika 2018, 1–5.

Yazdi, M., Matematika, D. J., & Tadulako, U. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 2(1), 143–152.