MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MIPA 2 MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Esti Setya Rahayu


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v5i1.3823

Abstract


Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimana peningkatan prestasi belajar kimia dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw? (b) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2. Metode Jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (61, 16%), siklus II (72, 97%), siklus III (89, 18%). Data yang diperoleh berupa hasil tes ulangan harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Keywords


Prestasi belajar kimia; Metode pembelajaran kooperatif; Model jigsaw

Article Metrics :