POLA PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN METODE BLENDED LEARNING DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Mohammad Imam Sufiyanto - [ http://orcid.org/0000-0002-5240-3608 ]
Khairunisa Khairunisa
Mohammad Hefni


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.3231

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelajaran IPA pada jenjang Sekolah Dasar yang terjadi selama pandemi covid-19 dengan metode blended Learning. Metode deskriptif analitis lebih memusatkan perhatian pada Fenomena yang sedang terjadi pada saat penelitian dilakukan, dimana sampel penelitian ini adalah 20 orang siswa sekolah dasar pada kelas lima yang telah menjalani pembelajaran IPA di sekolah dasar SDN Lebbhek II Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini berusaha untuk membuat deskriptif fenomena yang diselidiki dengan melukiskan fakta tersebut dengan bantuan formulir Google From. Hasil dari penelitian ini adalah prosentase keberhasilan pembelajaran IPA dengan metode purposive sampling menggunakan formulir Google From, yang mengetahui efektivitas dari metode Blended Learning, yang berjalan selama pandemi covid-19 berlangsung, siswa banyak yang menyukai pembelajaran IPA dengan metode blended learning, karena mampu mengkolaborasikan pembelajaran baik secara daringmaupun juga luring. Dari hasil survey tersebut menunjukkan bahwa 64% Siswa mengatakan bahwa pembelajaran IPA dimasa pandemi itu biasa saja, tidak sulit, dan menyenangkan dengan metode blended learning.


Keywords


IPA; blended learning; google form

Article Metrics :