KEMAMPUAN BERTANYA VERSUS HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA: ANALISIS KORELASI KEMAMPUAN BERTANYA PADA LEVEL MAHASISWA IPA

Kiki Septaria


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2665

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengukur keterampilan bertanya yang dimiliki oleh 60 mahasiswa universitas islam lamongan yang dianggap agent of change bagi perubahan di masa depan. Keterampilan bertanya ini sangat dibutuhkan untuk membantu mahasiswa dalam mengenali lingkungan sekitar dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. penelitian ini dilakukan melalui proses pengamatan dan identifikasi konten pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa selama tiga kali pembelajaran serta mengetahui korelasi pencapaian hasil belajar kognitif dengan kemampuan bertanya mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh mengemukakan bahwa kemampuan bertanya mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan didukung dengan perbaikan kualitas konten pertanyaan yang disampaikan selama pembelajaran. kemampuan bertanya juga memiliki tingkat korelasi pada level sedang, sehingga hasil belajar kognitif juga dapat dipengaruhi oleh kemampuan belajar mahasiswa begitupun sebaliknya. Penelitian ini akan dikembangkan mendatang untuk mengetahui literasi sains yang dimiliki mahasiswa terhadap kalimat tanya yang disampaikan.


Keywords


Keterampilan Bertanya; Hasil Belajar Kognitif; IPA

Article Metrics :

References


Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91

Amin, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa dengan Pola Berjenjang dalam Pembelajaran PPKN di Kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(1), 17. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i1.18

Badeo, J. M. O., & Koc, B. C. U. O. K. (2021). Use of Comic-based Learning Module in Physics in Enhancing Students Achievement and Motivation. Science Education International, 32(2), 131136. https://doi.org/10.33828/sei.v32.i2.6

Beard, C., & Rhodes, T. (2002). Experiential Learning: Using comic strips as reflective tools in adult learning. Journal of Outdoor and Environmental Education, 6(2), 5865. https://doi.org/10.1007/bf03400756

Biggers, M. (2018). Questioning Questions: Elementary Teachers Adaptations of Investigation Questions Across the Inquiry Continuum. Research in Science Education, 48(1), 128. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9556-4

Faresta, R. A., Anggara, W., Mandiri, T. A., & Septiawan, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i2.55

Ferdiansyah, S., Supiastutik, & Angin, R. (2020). Thai students experiences of online learning at indonesian universities in the time of the covid-19 pandemic. Journal of International Students, 10(Special Issue 3), 5874. https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3199

Hakim, N., Yudiyanto, Y., Hakiki, P. R. L., & Soleha, S. (2020). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa tadris biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 5663. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.576

Hamel, E., Joo, Y., Hong, S. Y., & Burton, A. (2021). Teacher Questioning Practices in Early Childhood Science Activities. Early Childhood Education Journal, 49(3), 375384. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01075-z

Hasanah, N., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2020). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gelombang Mekanik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 624. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13481

Ignasius, Dwi Cahyadi Wibowo, A. K. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF. 6(April), 119130.

Mailizar, M., Burg, D., & Maulina, S. (2021). Examining university students behavioural intention to use e-learning during the COVID-19 pandemic: An extended TAM model. Education and Information Technologies, 0123456789, 121. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10557-5

Mason-Mason, S. D., & Tessmer, M. A. (2000). Expert systems as a mindtool to facilitate mental model learning. Educational Technology Research and Development, 48(4), 4362. https://doi.org/10.1007/BF02300499

Mia, E. I. N., Nasution, D., & ... (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Diskusi. Prosiding , 1(2), 814. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/332

Oviana, W. (2020). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2020, 441456.

Pahriah. (2019). EFEKTIVITAS MODUL INKUIRI DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA 1Pahriah,. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(2).

Pratama, V., Anggraini, S. F., Yusri, H., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 6876. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/525

Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 133142. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.133-142

Rahmatullah, R., Syahril, S., & Abdullah, R. (2021). The Effectiveness of the Learning Module Cooperative Learning Student Facilitator and Explaining. Journal of Education Technology, 5(1), 123. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.29954

Sapuadi, S., & Nasir, M. (2020). Penanggulangan Miskonsepsi Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 8192. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i1.2036

Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2369

Septaria, K., & Dewanti, B. A. (2021). Implementation of Project Based Learning on Student Reasoning on Covid-19 Disaster Mitigation. 9(1), 2027.

SEPTIANTI, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Keterampilan Bertanya Dan Kemampuan Pemecahan Masalah . 7(2), 8996. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62038

Septaria, K. (2022). Manga Versus Webtoon: Alternative Science Learning Module Based on Dr. Stone. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1).

Septaria, K., Fatharani, A., & Yasa, A. D. (2022). COVID-19 is a Conspiracy Disease? Diagnostic Mental Models and Students' Cognitive Abilities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 18-32

Dianti, H. E. N., Febrisari, P., Ridho, A. A., & Septaria, K. (2022). The Disaster Box Mystery as a Media for Growing Disaster Preparedness and Literacy among Junior High School Students. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 390-398.

Smyth, H. L., & MacKinnon, D. P. (2021). Statistical Evaluation of Person-Oriented Mediation Using Configural Frequency Analysis. Integrative Psychological and Behavioral Science, 55(3), 593636. https://doi.org/10.1007/s12124-020-09519-2

Song, D., Oh, E. Y., & Glazewski, K. (2017). Student-generated questioning activity in second language courses using a customized personal response system: a case study. Educational Technology Research and Development, 65(6), 14251449. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9520-7

Sukaisih, R., Muhali, M., & Asyari, M. (2020). Meningkatkan keterampilan metakognisi dan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran model pemecahan masalah dengan strategi konflik-kognitif. Empiricism Journal, 1(1), 3750. http://journal-center.litpam.com/index.php/empiricism/article/view/329

Sunata, Y., Hakim, R., Fahrudin, F., & Mayar, F. (2019). Penggunaan Strategi Group Resume Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.286

Susanti, D., Fitriani, V., & Sari, L. Y. (2020). Validity of module based on project based learning in media biology subject. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042012

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 199210.

Wang, A., Chai, C. S., & Hairon, S. (2017). Exploring the impact of teacher experience on questioning techniques in a Knowledge Building classroom. Journal of Computers in Education, 4(1), 2742. https://doi.org/10.1007/s40692-016-0057-2

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 0812. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759

Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I. N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1), 5. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1426

Zein, R., & Maielfi, D. (2020). Penerapan keterampilan bertanya mahasiswa untuk stimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs) anak TK. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 112. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1644

Zhou, N., & Yadav, A. (2017). Effects of multimedia story reading and questioning on preschoolers vocabulary learning, story comprehension and reading engagement. Educational Technology Research and Development, 65(6), 15231545. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9533-2