PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

Dinda Diansah Fatmawati, Noly Shofiyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan LKPD berbasis STEM dengan model PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design yang diujikan kepada satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas VIII di SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan jumlah total 57 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis pengambilan convenience sampling. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikan 0,05 dan analisis kemampuan literasi sains siswa berdasarkan empat kategori Arikunto yaitu sangat baik, baik, cukup baik, dan kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan pada ketiga kelas < taraf signifikan yang digunakan yaitu 0.000 < 0.05 sehingga terdapat pengaruh penerapan LKPD berbasis STEM dengan model PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa dan kemampuan literasi sains siswa berada pada kategori baik setelah diterapkan LKPD berbasis STEM dengan model PBL


Kata Kunci


LKPD; STEM; PBL; Kemampuan literasi sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhim, A. Y., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol, 4(03), 77-82.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas lembar kerja siswa bermuatan etnosains materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains siswa sma. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186-196.

Asniati, M. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form Untuk Siswa Smp Pada Materi Kalor (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ercan, S., Altan, E. B., Ta?tan, B., & ?brahim, D. A. ?. (2016). Integrating GIS into science classes to handle STEM education. Journal of Turkish Science Education, 13(special), 30-43.

Hermanto, F. M. (2018). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap literasi sains kompetensi peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi alat-alat optik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 25-31.

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 190-201.

Mayuri, N. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Lab Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

OECD. (2018). . Programme for International Student Assessment 2018 Result in Focus. Paris: OECD-PISA.

Palupi, A,R. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA Pada Materi Koloid (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rahyuni, R., Zamzaili, Z., & Ruyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Outdoor dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(3), 183-187.

Rismawati, Septa Lutfia (2019) Efektivitas LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains pada materi pemuaian / Septa Lutfia Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Rohmah, S. Z., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Pembelajaran dengan Model Diskusi Kelas Tipe Beach Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol, 4(03), 101-106.

Sudarmin, S., Subekti, N., & Fibonacci, A. (2014). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains (MPKBE) untuk mengembangkan literasi sains siswa. In Prosiding Seminar Nasional IV Pendidikan Sains (pp. 83-90).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora, 1-205.

Vienurillah, N. dan Dwiningsih, K. (2016). “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Sub materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi”. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5 (2): Hal. 428-433.

Wahyuni, R. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Widayako, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1463-1467.

Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Ta'dib, 23(1), 87-94.




DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA)
E-ISSN 2720-9458
Published by Prodi Pendidikan IPA
Universitas Bhinneka PGRI
Website: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/index
email: aldilanugraha89@gmail.com 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.