PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN APLIKASI MOODLE

Zainudin Zainudin
Rica Wijayanti


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i1.1852

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh perangkat fisika dasar berbasis keterampilan berpikir kritis menggunakan aplikasi moodle sebagai alternatif pembelajaran masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian tahap analisis yaitu pembelajaran daring dampak pandemi covid-19 dan gaya belajar generasi milenial. Tahap desain yaitu merumuskan capaian pembelajaran materi pokok kinematika gerak lurus dengan strategi pembelajaran daring menggunakan LMS aplikasi moodle. Tahap pengembangan yaitu memperoleh perangkat fisika dasar memiliki kategori valid dan reliabel. Tahap ujicoba yaitu perangkat perangkat fisika dasar memiliki kategori efektif dan praktis. Perangkat fisika dasar berbasis keterampilan berpikir kritis menggunakan aplikasi moodle yang dikembangkan memiliki kriteria baik karena memenuhi aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai media pembelajaran daring fisika dasar pada masa pandemi Covid-19.


Keywords


perangkat; daring; berpikir kritis; moodle; covid-19

Article Metrics :

References


Arikunto, S. (2016). Metode Penelitian. Surabaya: Andi Offside.

Balasubramanian, K., Fukey, L. N., & Jaykumar, V. (2014). A study on Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416- 422.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals. New York: David McKay Company.

Coca, D. M., & Slisko, J. (2013). Software Socrative and Smartphones as Tools For Implementation of Basic Processes of. European J of Physics Education , 17-24.

Dick, W., & Carey, L. (2001). The Systemic Design of Instruction. United State. United State: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D: American Education.

Ismail, S. (2019). Virtual Lab. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 1899-1901. Diambil kembali dari www.ijrs.net

James, B. (2015). The Learning Centre - The University of Sydney. Dipetik Mei Senin, 2016, dari Orientation Lecture Series: Learning To Learn Developing critical thinking skills: http://sydney.edu.au/stuserv/documents/learning_center/critical.pdf

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

Ratumanan, T. T., & Laurens, T. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: University Press.

Sharma, M., & Arora, S. (2020). Moodle in Nursing Education: a Review Article. International Journal of Science and Research (IJSR), 9(5), 477 - 478.

Tubaishat, A., & Lansari, A. (2011). Are Students Ready to Adopt E-Learning? A Preliminary E-readiness Study of a University in the Gulf Region. International Journal of Information and Communication Technology Research, 1(15), 210-215.

Yeen-Jua, H. T., Maia, N., Kiana, N. T., Jinga, K. W., Wena, L. K., & Haw, L. C. (2014). Developing Creative and Critical Thinking Skills in an Authentic Learning Environment. Jurnal Teknologi (Sciences And Engineering), 3.

Zainudin, Z., & Pambudi, B. (2019). Developing Critical Thinking Skills-Based Learning Set of Basic. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(1), 14-23. doi:https://doi.org/10.15294/jpfi.v15i1