PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA-6 SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Noor Hayati


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i1.1851

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di kelas XI MIA-6 SMA N 1 Boyolangu tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan berkolaborasi dengan guru bidang studi yang bersangkutan. Dari hasil observasi, angket, dan juga wawancara terhadap guru didapatkan peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas XI MIA-6 SMA N 1 Boyolangu dapat ditarik simpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi.


Keywords


Jigsaw; PTK; motivasi belajar; biologi

Article Metrics :

References


Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 2008. Mempraktekkan cooperative learning di ruang kelas. Jakarta: Gramedia

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta.

Doymus, Kemal. 2009. Effects of Two Cooperative Learning Strategies on Teaching and Learning of Thermochemistry. World Applied Sciences Journal. IDOSI. Vol 7 (1): 34-42

Gene L.Wilkinson. 1984. Media dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: Rajawali

Hamzah B Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam,Zaini; Bermawy, Munthe; dan Sekar, Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakartya:CSTD

Ike, Nurfadilah. 2006. Efektifitas Penggunaan Metode Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 13 Malang.(online) (http://sukses-skripsi.co, diakses 15 Juni 2010)

Isjoni dan Mohd. Arif.Hj.Ismail. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syamsuri, Istamar. 2006. Biologi untuk SMA Kelas XI Semester II. Jakarta: Erlangga

Ivor K. Davis. 1987. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Lexy J., Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarja

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardalis. 1990. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Miles, Mattew B. & Huberman, A. Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- metode Baru. Jakarta: UI Press

Mel, Silberman. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Mubbin, Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyani, Sumatri dan Johar Permana,H. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Norintan, A. M. 2008. Learning through teaching and sharing in the jigsaw classroom. The Journal of Annals of Dentistry. University of Malaya.Vol 15 (2): 71-76

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: PT Gramedia

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Robertus, Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo

Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin. 2008. Cooperative Learning (Cooperative Learning).Alih bahasa : Nurlita Yusron. Bandung: Nusa Media

Suhaenal, Suparno. 2000. Bangun Kompetensi Belajar.Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas

Sutopo. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suprayekti. 2006. Strategi Penyampaian Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Penabur: No.07/Th.V/Desember 2006:89

Supriono. 2006. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol 2 (1): 19-23.

Winkel. 1996. Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Grasindo

Sulastri, Yeti dan Rochintaniawati, Diana. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Cimalaka. Jurnal pengajaran MIPA. Vol 13 (1): 15-21