ANALISIS HASIL PENGUASAAN MATERI UJIAN NASIONAL (UN) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 8 KOTA SURAKARTA

Herning Nurdiana
Sajidan Sajidan
Maridi Maridi


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i1.1849

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil penguasaan materi pada ujian nasional (UN) mata pelajaran IPA tingkat SMP/MTs tentang materi sistem pencernaan manusia SMP Negeri 8 kota Surakarta, Jawa Tengah dari tahun 2016-2019. Metode pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi hasil UN yang dipublikasi pada website resmi Puspendik Kemdikbud yaitu https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id . Analisis data yang digunakan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil yang telah didapat dari analisis ini menunjukkan bahwa jumlah presentase siswa yang menjawab benar pada indikator soal materi sistem pencernaan manusia masih tergolong kurang pada tingkat kota/kabupaten pada tahun 2016 (46,61%), 2017 (67,70%), 2018 (47,38%), dan 2019 (54,01%).


Keywords


Ujian Nasional; sistem pencernaan manusia; Surakarta

Article Metrics :

References


Bjorklund, D.F. (2000). Children's Thinking: Developmental Function and individual differences. 3rd ed. Bellmont, CA: Wadsworth.

Cai, J., Lane, S. Dan Jakabcsin, M.S. (1996). The Role of Open-Ended Tasks and Holistic Scoring Rubrics: Assessing Students Mathematical Reasoning and Communication. Dalam P.C Elliot dan MJ Kenney (Eds). Yearbook Communication in Mathematics K-12 and Beyond. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

Dhora, dkk. (2015). Profil Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, Relevansinya dengan Pembelajaran dan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains(SNPS): Magister Pendidikan Sains UNS.

Hasil Daya Serap Materi Ujian Nasional IPA SMP Negeri 8 Surakarta 2016-2019 https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Kartina,dkk.(2019) Analisis Hasil Ujian Nasional Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Smp Di Surakarta. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Matt, Jarvis. (2011). Teori-teori psikologi, cet x, bandung: nusa media, hal 142.

Miles, M. B. & Huberman, A.M. (1984). Qualitative data analysis. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Permendikbud no.4 tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.

Sarathy, Vasanth. (2018). Real World Problem-Solving. Frontier in Human Neuroscience. 12:261.

UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional.