PENGGUNAAN SIKLUS BELAJAR DAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA-7 SMA NEGERI I BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019

Mulyono Santoso


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1624

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dua siklus. Pada siklus I tindakan dikenakan terhadap pembelajaran konsep larutan penyangga. Evaluasi dan refleksi siklus I menunjukkan pembelajaran berlangsung dengan Kurang baik (ketuntasan belajar 57,14%). siklus II menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dari dimensi guru dan siswa. Ini ditandai dengan hasil ulangan harian ke II yang baik (ketuntasan belajar 88,57%). Guru sebagai fasilisator berhasil menyediakan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswanya. Sebaliknya siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dari guru untuk membangun pengetahuannya. Kesimpulan dari penelitian adalah : (i) penggunaan siklus belajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran larutan penyangga dari dimensi guru dan siswa, (2) penggunaan peta konsep dan siklus belajar menunjang tujuan pembelajaran , dan (3) penggunaan peta konsep dan siklus belajar membuat pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.

Keywords


siklus Belajar; peta konsep; pembelajaran; larutan penyangga

Article Metrics :

References


Amin M. (1984). Pembelajaran dengan Pendekatan Laboratorium, Jakarta P2LPTK

Arikunto, Suharsimi: Suhardjono, dan Supardi . 2006. Penelitian Tindakan kelas, Jakarta: Bina Aksara.

Dahar,R.W. (1994). Berbagai Permasalahan dalam Meningkatkan Mutu Penelitian Pendidikan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di LPTK. Makalah, disajikan dalam seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan MIPA III di Ujung Pandang 12 27 Juli 1994.

Dasna,I.W. (1997). Siklus Pembelajaran (learning Cycle) sebagai suatu model inkuari dalam pembelajaran kimia. Makalah disajikan pada seminar jurusan Kimia FPMIPA IKIP Malang, 2 Agustus 1997.

Dimyati dan Mujiono. (1994). Belajar dan pembelajaran, Jakarta departemen Pendidikan dan kebudayaan

Johari, J.M.C. dan M. Rahmawati. (2004). Kimia SMA untuk Kelas XI. Jakarta : Esis.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Third Edition. Victoria: Deakin University Press

Sukardi, H.M. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Sutresna . Nana. (2007). Cerdas belajar Kimia Untuk Kelasas XI. Bandung . Grafindo Media Pertama