PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN 2 KARANGREJO

Ulfa Nurlaili

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media cerita bergambar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sumber energi pada kelas IV SDN 2 Karangrejo.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.  Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian quasy experimental design. Desain dalam penelitian ini merupakan nonequivalent control group desain. Populasinya adalah siswa kelas IV SDN 2 Karangrejo dan SDN 1 Sumbergedong yang berjumlah 76. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan B SDN 2 Karangrejo yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Dari data analisis nilai t hitung sebesar 3,918 sedangkan t tabel sebesar 2,018. Penelitian ini memiliki rata-rata nilai dikelas eksperimen yaitu pre test sebesar 58,54 post test sebesar 76,63, sedangkan di kelas kontrol yaitu pre test sebesar 64,59 post test sebesar 69,45. Hal ini membuktikan adanya pengaruh media cerita bergambar terhadap hasil belajar kognitif siswa yang diterapkan dikelas IV SDN 2 Karangrejo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hsiao, C. Y snd P. Y. Shih. 2015. The Impact Of Using Picture Books with Preschool Students in Taiwan on The Teaching Of Environmental Concepts. International Education Studies, 8(3) : 14-23.

Nathan, R. & Hill, L. 2012. Konseling Karir. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri MulyantiniSoetjipto). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nugraha, A. W. (2016). Analisis Kelayakan Buku Ajar Siswa SD Kelas V Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita Ditinjau dari Aspek Science Literacy. Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(2), 1-8.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2016. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Wisudawati, A. W., 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara.


Article Metrics :

Sari view : 3 times

PDF View : 2 times

About The Author :

Ulfa Nurlaili STKIP PGRI Tulungagung (Indonesia)