LEVELKEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER PADA MATERI HUKUM NEWTON BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Wahyu Puspitasari


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i1.1026

Abstract


Kemampuan kognitif sangat berpengaruh dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu, dosen perlu memahami kemampuan kognitif mahasiswa agar dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Taksonomi Bloom merupakan sistem pengklasifikasian yang mengklasifikasikan tujuan pendidikan menjadi tiga domain, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Bloom membagi ranah kognitif dalam enam tingkatan, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Berdasarkan konsep pengklasifikasian tersebut, peneliti akan melakukan proses pelevelan kemampuan kognitif mahasiswa dengan tujuan untuk menganalisis dan memperoleh informasi lebih detail tentang kemampaun kognitif mahasiswa, khususnya pada materi hukum Newton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 mahasiswa program studi sistem komputer, 3siswa berkempuan rendah memiliki kemampuan kognitif hanya sampai  level C3, 2siswa berkempuan sedang memiliki kemampuan kognitif sampai level C4 dan 1siswa yang berkemampuan tinggi dapat mencapai level C6. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan kognitif mahasiswa prodi sistem komputer pada materi hukum newton masih berada pada level C4


Article Metrics :

References


-----------. Kamus Besar Bahasa Indonesia [Online]. http://kbbi.web.id : diakses tanggal 20 Nopember 2018.

Coletta, V. P., Phillips, J. A., & Steinert, J. 2012. FCI Normalized Gain, Scientific Reasoning Ability, Thinking In Physics, And Gender Effects. American Institute of Physics Conference Series, 1413, 23-26.

H. Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41 (4): 212 – 218.

Lear, J.C. 2017. A Systematics Review of Research: A Second Generation Instructional Design Lens on Physics, Autonomy Support, Gender Gap Reduction, and Measuring Mathematics Reasoning Ability. International Journal of Technology and Inclusive Education (IJTIE), Volume 6, Issue 1, June 2017.

Salkind, Neil J. 2006. Exploring Research Sixth Edition. Kansas: Pearson Education International.

Utari, Retno. 2010. Taxonomi Bloom: Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. Artikel pada Pusdiklat KNPK: Tidak Diterbitkan.

W.S. Winkel. 1996. PsikologiPengajaran. Jakarta: Gramedia

Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (1): 19 – 24.