KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU BERDASARKAN GAYA BELAJAR HONEY MUMFORD

Rahmi Aisyah
Tasnim Rahmat
Muhammad Imamuddin
Ulva Rahmi


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3660

Abstract


Penelitian ini bertujuan dilaksanakan untuk mengatahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau berdasarkan gaya belajar Honey Mumford kelas IX-8 di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. dengan subjek seluruh siswa kelas IX-8 MTsN 3 Lima Puluh Kota sebanyak 30 orang siswa. Sampel yang di ambil dengan purposive sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket gaya belajar Honey Mumford dan tes pemahaman konsep matematika siswa oleh responden. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Gaya belajar tipe teoris dalam memahami pemahaman konsep matematika bisa dikatakan rendah karena pada indikator 5 dan 7 yaitu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah terjadi kesalahan dalam menguraikan rumus yang digunakan. 2) Gaya belajar tipe pragmatis cenderung menyukai cara-cara yang praktis dalam belajar,sehingga cenderung melakukan kesalahan pada indikator 5 dan 7 karena membutuhkan penyelesaian yang cukup panjang dan tepat. 3) Gaya belajar tipe aktivis memiliki karakteristik belajar dengan mempraktekkan secara langsung, sehingga pada kemampuan pemahaman konsep, siswa tersebut melakukan kesalahan dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu pada bangun ruang sisi lengkung. 4) Gaya belajar tipe reflektor cenderung melakukan pengamatan terlebih dahulu dalam belajar, sehingga kesalahan yang dilakukan hanya pada yang ditanya dalam soal dan kurangnya percaya diri.

Full Text:

PDF

Article Metrics :