Pengaruh Kemampuan Verbal, Numerik, dan Spasial Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar

Sri Jamilah Mukaromah, Maylita Hasyim

Abstract


Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan menyelesaikan soal cerita perlu didukung dengan kemampuan dasar matematika sesuai materinya, salah satunya materi bangun ruang sisi datar. Pada materi ini, banyak soal-soal yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal cerita tersebut dengan benar. Dengan demikian, perlu adanya kemampuan dasar matematika dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan spasial. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan spasial terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu tahun pelajaran 2016/2017.

Keywords


kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan spasial, kemampuan menyelesaiakan soal cerita matematika

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Jawa Tengah: UNS Press

Daniyati, Nafizah Ajeng dan Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. Phythagoras (1): Juni 2015. 50-60

Harmony, Junsella dan Theis, Roseli. 2012. Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica (1): April 2012. 11-19

Indrawati, Farah. 2012. Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif (3): 2012. 215-223

Khasanah, Laelatul. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika SMP dengan Strategi Problem Based Learning. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Koyan, I. W. 2003. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Penalaran Verbal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja (1): Januari 2003. ISSN 0215-8250

Rif’an, Muhamad Ghoni. 2011. Penagruh Kemampuan Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak dipublisasikan. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook Panduan Belajar Cepat Untuk Pelajar dan Umum. Bandung: Nusa Media

Said, Alamsyah dan Budimanjaya, Andi. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellegences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suparno, Paul. 2004. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius

Yudharina, Pretty. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Mejing 2 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.