PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GADOR SEMESTER II TAHUN 2014/2015

Suhartin Suhartin

Abstract


Sering kali kita menemukan peserta didik yang memandang bahwa matematika sebagai bidang studi yang sulit. Namun semua orang harus mempelajarinya karena matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu seorang guru harus mampu memilih suatu metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi matematika. fokus dalam penelitian tindakan kelas, yaitu :”Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika materi Faktor Dan Kelipatan melalui metode talking stick pada siswa kelas IV SDN 2 Gador Semester II Tahun 2014/2015?”.Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi Faktor Dan Kelipatan melalui metode talking stick pada siswa kelas IV SDN 2 Gador Semester II Tahun 2014/2015. Tongkat akan pindah ke orang lain apabila ia ingin berbicara atau menanggapinya.Prestasi belajar pada dasarnya merupakan perubahan perilaku sebagai hasil dari suatu tindakan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN 2 Gador  yang berjumlah 9 siswa. Tahapan penelitian pada masing-masing siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penerapan metode talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan meningkatnya prestasi belajar siswa pada sebelum siklus 65,56 meningkat 13,13% pada siklus I menjadi 78,89 dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 13,33% menjadi 92,22, sedangkan ketuntasan belajar siswa sebelum siklus 55,56% meningkat 22,22% menjadi 77,78% pada siklus I dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 22,22% menjadi 100%.

Keywords


talking stick, prestasi belajar

References


Arikunto Suharsimi. 2005. Perosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Aksara Baru.

Depdikbud 2004, Teknik Pembelajaran Bidang Studi Matematika, Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2001. Pedoman Teknis Pelaksanan CAR (Classroom Action Research), Jakarta, Depdiknas

Hadi, Sutrisno. 2006. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

P3M SUP 2006Jurnal Gentengkali, Surabaya : Depdikbud Kanwil Jatim

P3M SIAT 2002, Pelangi Pendidikan, Jakarta : Depdiknas.

Prayitno, Ellida, 2006, Motivasi Dalam Belajar, Jakarta : P2LPIK, Derdikbud.

Suryana, D, 2002, Belajar Aktif Matematika, Jaarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas.

Taofik Hidayat.2009. Inovasi Metode Pembelajaran.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta .

Tri Manunggal Kurniajaya, 2006. Panduan Menghadapi Ulangan Harian. Solo .

Tjokrodihardjo, (2003).Pembelajaran Inovatif. Gama. Solo

Winkel, 2004, Psikologi Pengajaran, Jakarta : Gramedia

Windardi, 2003, Pengenalan Metode Cooperative Learning,Malang : PPGIPSI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika [JP2M]
Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Tulungagung
e-mail: jp2m@stkippgritulungagung.ac.id
Contact: +62822 3230 8788    ;     +62856 4646 9847

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.