PROFIL KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM MEMAHAMI KONSEP BENTUK ALJABAR

Apriyani Katili
Haryanto Haryanto
Andi Fajeriani Wyrasti - [ http://orcid.org/0000-0002-5714-5636 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.2650

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas VII dalam pemahaman konsep Aljabar, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas VII dalam pemahaman konsep Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen pendukung berupa tes tertulis dengan teknik think aloud dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa masih mengalami kesulitan dalam merepresentasikan konsep aljabar, (2) siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi atribut operasi atau konsep aljabar, (3) siswa tampak kesulitan untuk menghubungkan konsep aljabar baik dalam matematika atau kehidupan nyata. Faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa: (1) siswa jarang bertanya kepada guru padahal tidak mengerti, (2) siswa merasa malu kepada temannya yang lebih paham darinya, (3) siswa tidak hadir di kelas dan tidak berani bertanya kepada guru, (4) siswa bertanya kepada temannya yang tidak tahu, (5) siswa tidak mengerti tentang cara guru menjelaskan.

Keywords


Identifikasi Kesulitan; Pemahaman Konsep; Bentuk Aljabar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agustina, N., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kemampuan pemahaman konsep siswa smp pada materi persamaan garis lurus berbasis apos. Histogram: Jurnal Pendidikan Matemtika, 2(1), 1221. Retrieved from https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/34

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp kelas viii pada materi himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 916. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/696

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2019 (pp. 120128).

Dayanti, E., Surahmat, & Syaifudin. (2021). Analisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri Simpang Hilir Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(19), 3643. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12295

Ekawati, & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar : Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 14(1), 5364. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/453

Ellis, M. (2021). Recognizing Misconceptions as Opportunities for Learning Mathematics with Understanding. Retrieved from https://www.curriculumassociates.com/

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2016). Analisis kesulitan pemahaman konsep matematika siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 20(2), 140144. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2888

Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar di SMP IT Nurul Huda Batujaya. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 827834. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834

Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 4(2), 116. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/176

Mufidah, H., & Hastari, R. C. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaian soal matematika ditinjau dari tingkat berpikir kreatif. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 1319.

Nurikawai, D., Sagita, L., & Setiyani. (2021). Analisis kesalahan menyelesaikan soal bentuk aljabar menggunakan metode newman ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Journal of Honai Math, 4(1), 4966.

Restianingsih, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP pada Materi Pythagoras. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 210222.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dalam Pemecahan Masalah Matematika. (T. Nusantara, Ed.) (I). Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Subanji, & Nusantara, T. (2013). Karakterisasi Kesalahan Berpikir Siswa dalam Mengonstruksi Konsep Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 208217.

Sujalmo, N., & Budiarto, M. T. (2013). Profil Pemahaman Siswa Terhadap Simbil. Huruf, dan Tanda pada Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa dan Fungi Kognitif Rigogous Mathematical Thinking (RMT). MATHEdunesa: Journal of Educational Mathematics, 2(3).

Wyrasti, A. F., Sadijah, C., Asari, A. R., & Sulandra, I. M. (2019). The Misanalogical Construction of Undergraduate Students in Solving Cognitive Conflict Identification Task. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 3347.

Yunita, Hartoyo, A., & Ijuddin, R. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar di MTs. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 6(12), 110.