Kemampuan Metakognitif dan Berpikir Kreatif Matematis pada Model Pembelajaran SIMAS ERIC

Meria Sari
Bambang Sri Anggoro
Suherman Suherman


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i1.2386

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan Posttest only control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis pada materi matriks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji One Way Manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC dan yang mengikuti model pembelajaran ceramah, (2) Kemampuan metakognitif peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran ceramah, dan (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran SIMAS ERIC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran ceramah. Peneliti mengharapakan bahwa pada penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind mapping, Questioning, Exploring, Writing and Communicating), hendaknya menggabungkan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan pendekatan pembelajaran untuk mengukur kemampuan peserta didik lainnya agar proses pembelajaran dapat lebih efektif.


Keywords


Berpikir Kreatif; Metakognitif; SIMAS ERIC

Article Metrics :

References


Asni, P., Amali, W., Hamdi, P., & Mufit, F. (2019). Pillar of Physics Education , Vol 12. No 3 , 2019 , 553-560 Validitas dan Praktikalitas LKPD Berbasis Model Simas Eric pada Materi Pengukuran dan Vektor untuk Kelas X SMA / MA Mahasiswa Pendidikan Fisika , FMIPA , Universitas Negeri Padang Staf Pengajar . 12(3), 553560.

Casing, P. I., & Roble, D. B. (2021). Students Mathematical Creative Thinking Ability with Posing-Exploring-Doing-Evaluating (PEDE) Productive Failure Model in New Normal. American Journal of Educational Research, 9(7), 443448.

Darmawan, E, Zubaidah, S., Susilo, H., Suwono, H., & Darmawan, E. (2016). Simas eric Model to Improve Students Critical Thinking Skills Faculty of Mathematics and Science. Journal of Education & Social Policy, 3(6), 4553.

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Metakognitif Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 7997. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.

Dwi Susanti, Chairul Anwar, Fredi Ganda Putra, Netriwati, Kiki Afandi, & Santi Widyawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE dan Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Metakognitif. Inomatika, 2(2), 93105. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.199

Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 112. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275

Hu, R., Wu, Y.-Y., & Shieh, C.-J. (2016). Effects of virtual reality integrated creative thinking instruction on students creative thinking abilities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 477486.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Lestari, T. P., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-Based Project Based Learning Model to Increase Science Process and Creative Thinking Skills of 5th Grade. Journal of Primary Education, 7(1), 1824. https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21382

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan open-ended terhadap kemampuan metakognitif siswa: Alternatif pembelajaran di kurikulum 2013. At-Tali, 5(2), 93106.

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676685.

Pentury, M., Tuapattinaya, P. M. J., & Salmanu, S. I. A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Pada Siswa Smp Negeri Satu Atap Kairatu Kabupaten Maluku Tengah. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 6(1), 4045. https://doi.org/10.30598/biopendixvol6issue1page40-45

Putri, D., Sunismi, & Fathani, A. H. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(19), 4057.

Sri Anggoro, B. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121129.

Suherman, S., Vidkovich, T., & Komarudin, K. (2021). STEM-E: Fostering mathematical creative thinking ability in the 21st Century. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 012164.

Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 7487.

Wibowo, N. (2016). PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. 1.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam peLevel kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitifmbelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132147.