UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Sri Wahyuni


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.219

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini mencakup: hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dan observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,4%, menjadi 94,7% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,5%, meningkat menjadi 90,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi tes terjadi peningkatan sebesar 70,8% yaitu 19% pada pre test meningkat menjadi 54% pada siklus I, 91,8% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran matematika pada materi pokok trigonometri, sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran matematika.

Keywords


pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, materi pokok trigonometri PENDAHULUAN Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak (Hudojo, 1988: 2), sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baharuddin dan Esa Wahyuni. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Edward, Anne dan Talbot, Robin. 1994. The Hard-Pressed Researcher: a research handbook for the caring professions. New York: Longman Publishing.

Eggen, P.D dan Kauchak, D.P. 1996. Strategi for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn & Bacon.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

_______________. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadirman, A.M. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Slavin, Robert E.. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: JICA.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.