ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Dewi Anggreini
Naning Dyah Asmoro


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.206

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kreatifitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi baris dan deret. Penelitian kualitatif deskripstif ini dilakukan dengan metode tes dan wawancara dengan subjek 41 siswa kelas XI TKR-3 SMK Sore Tulungagung. Sedangkan subjek yang diwawancarai sebanyak 6 siswa. Dari hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa memenuhi satu aspek dari tiga aspek kreativitas itu berarti dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas XI-TKR 3 di SMK Sore Tulungagung termasuk siswa yang cukup kreatif (tingkat 1). Hasil trianggulasi hasil tes dan hasil wawancara dengan enam subjek wawancara tersebut peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas XI-TKR 3 di SMK Sore Tulungagung termasuk siswa yang cukup kreatif.

Keywords


kreativitas, barisan dan deret, soal matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahmadah, Khoiri. 2012. Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Program Linear Kelas X TKR 3 SMK Sore Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Tulungagung: STKIP PGRI Tulungagung.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualutatif;edisi revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press.

Safi’i, Danand Dwi. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pokok Barisan & Deret pada Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri I Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Tulungagung: STKIP PGRI Tulungagung.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemrcahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajar.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Uno, Hamzah B & Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik;suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.