Efektivitas Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle sebagai Sarana Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Mahasiswa

Nonik - Indrawatiningsih - [ https://orcid.org/0000-0001-8249-4638 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898

Abstract


Teknologi informasi dan telekomunikasi telah mengalami perubahan yang cepat dan perkembangan luar biasa akibat dari pandemic Covid-19. Pembelajaran yang dilaksanakan selama pandemik semuanya serba online sehingga mengharuskan semua dosen untuk memanfaatkan teknologi dalam proses perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LMS berbasis Moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji one sample t-test. Uji normalitas data dilakukan sebelum uji one sample t-test sebagai prasyarat. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 angkatan 2018 sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas mahasiswa selama menggunakan LMS (Learning Management System) dalam proses pembelajaran matakuliah pengembangan bahan ajar mengalami peningkatan dari setiap pertemuan, yaitu dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 6 secara klasikal. Selain itu, rerata skor kemampuan argumentasi matematika mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle lebih besar dari 77 terpenuhi atau berlaku sehingga dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data brdistribusi normal dengan signifikansi Shapiro-Wilk (SW) sebesar 0,060 > 0,05. Sedangkan berdasarkan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa LMS berbasis moodle sangat berdampak secara signifikan terhadap kemampuan argumentasi matematika mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 yang artinya LMS efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Keywords


Pandemi Covid-19; LMS; Moodle; Kemampuan Argumentasi Matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aldowah, H., Al-Samarraie, H., & Fauzy, W. M. (2019). Educational data mining and learning analytics for 21st century higher education: A review and synthesis. Telematics and Informatics, 37, 1349. https://doi.org/10.1016/j.tele.2019.01.007

Astuti, R., & Zulkifli, N. (2003). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Sains Tentang Alam Dan Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 3745. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/7380

Chng, L. K. (2020). Face-to-Face Tutorials, Learning Management System and WhatsApp Group: How Digital Immigrants Interact and Engage in E-learning? Malaysian Online Journal of Educational Technology, 8(1), 1835. https://doi.org/10.17220/mojet.2020.01.002

Clark, D. B., Stegmann, K., Weinberger, A., Menekse, M., & Erkens, G. (2007). Technology-Enhanced Learning Environments to Support Students Argumentation. January, 217243. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-6670-2_11

Fatawi, I., Nyoman Sudana Degeng, I., Setyosari, P., Ulfa, S., & Hirashima, T. (2020). Effect of online-based concept map on student engagement and learning outcome. International Journal of Distance Education Technologies, 18(3), 4256. https://doi.org/10.4018/IJDET.2020070103

Fathy, S., Said, E., & Fattah, A. (2015). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN. 6(32), 115127. www.polleverywhere.com

Indrawatiningsih, N., Purwanto, P., Asari, A. R., & Sadijah, C. (2020). Argument mapping to improve students mathematical argumentation skills. TEM Journal, 9(3), 12081212. https://doi.org/10.18421/TEM93-48

Liaw, S. S. (2008). Investigating students perceived satisfaction, behavioral intention, and effectiveness of e-learning: A case study of the Blackboard system. Computers and Education, 51(2), 864873. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.09.005

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nortvig, A. M., Petersen, A. K., & Balle, S. H. (2018). A literature review of the factors influencing e-learning and blended learning in relation to learning outcome, student satisfaction and engagement. Electronic Journal of E-Learning, 16(1), 4555.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1124. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.34

Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506

Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). Analysis of students self efficacy reviewed by geometric thinking levels and gender using rasch model. Journal of Engineering Science and Technology, 14(1), 509519.

Vincent, J., Chick, H., & McCrae, B. (2005). Argumentation Profile Charts As Tools for Analysing Students Argumentations. Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 4, 281288.

Zhang, M., Wu, J., Lin, H., Yuan, P., & Song, Y. (2017). The Application of One-Class Classifier Based on CNN in Image Defect Detection. Procedia Computer Science, 114, 341348. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.09.040

Zimmerman, T., & Nimon, K. (2017). The online student connectedness survey: Evidence of initial construct validity. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(3), 2546. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i3.2484