PROFIL PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Novita Eka Muliawati
Zulfi Fauziah Eka Nirmala


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1780

Abstract


Fokus penelitian ini adalah bagaimana profil proses berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Quran Nurul Falah dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kelas VIII MTs Quran Nurul Falah yang terdiri dari 1 siswa FI dan 1 siswa FD. Teknik pengumpulan data untuk mengukur gaya kognitif siswa menggunakan tes Grup Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) dan non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan berpikir kritis yakni: (1) klarifikasi; (2) assessment; (3) inferensi dan; (4) strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil proses berpikir kritis siswa FI dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi semua indikator kecuali indikator keempat yang mana subjek FI hanya dapat mengidentifikasi berbagai macam alternatif penyelesaian tetapi belum mampu untuk menyelesaikanya, (2) profil proses berpikir kritis siswa FD dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi sebagian indikator saja, untuk sebagian indikator subjek FD kurang menguasai tetap dapat menjawab dengan tepat apabila dibimbing pelan pelan.


Keywords


Profil; Berpikir Kritis; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Altun, Arif & Cakan, Mehtap. 2006. Undergraduate Students Academic Achievement, Field dependent/Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers. International Forum of Educational Technology & Society (IFETS). 9(1): 290

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: Sn Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Online.

Guisande, M.A., et al. 2007. Field Dependence-Independence (FDI) Cognitive Style: An Analysis of Attentional Functioning. Journal of Psicothema, Volume 19 No. 4. Hal 572-577.

Kemendikbud. 2014. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Pithers, R.T. 2002. Cognitive Learning Styles: A Review of Field DependentIndependent Approach. Journal of Vocational Education and Raining. Vol. 13, No. 4, pp: 267-279

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta