ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN OPEN – ENDED PROBLEM

Pendawi Dwi Herdani
Novisita Ratu


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1776

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan pada materi bangun datar segi empat. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini meliputi 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan yang diambil berdasarkan hasil ulangan harian dengan dipilih 2 siswa dengan nilai yang tinggi, 2 siswa dengan nilai yang sedang dan 2 siswa dengan nilai yang rendah. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari 6 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa: (1)subjek yang memiliki kemampuan tinggi belum tentu menunjukkan bahwa dia kreatif; (2)2 subjek yang memiliki kemampuan sedang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif mereka berbeda; (3) 2 subjek yang memiliki kemampuan rendah menunjukkan bahwa keduanya tidak kreatif.


Keywords


segiempat; tingkat kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 75 times
PDF View : 38 times

References


Asih, Tabita S. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Chasanah, Fitrotul. 2009. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended) di Kelas VIII SMP Negeri 35 Surabaya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Pratiwi, Rizkia D. 2009. Indentifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Creative Problem Solving (CPS). Surabaya: UNESA.

Putri, V. S. P. 2013. Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Segi Empat di Kelas VIII SMP. Jurnal(Online).Tersedia:http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2708/baca-artikel

Ristiani. 2014. Identifikasi tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Tegalrejo 02 Salatiga dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open Ended. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Santoso, Heralius R W. 2015. Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK)pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VI SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Siswono, Tatag Y E. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Jurnal (Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf

Siswono, Tatag Y E. 2007. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal (Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.