PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII SMAN 1 PAKEL

Adi Waluyo


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1729

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional ini dilaksanakan di  SMA Negeri 1 Pakel dengan populasi 134 dan sampel diambil secara Cluster Random Sampling sehingga didapat 1 kelas yaitu kelas XII MIPA 2  +dengan jumlah siswa 34. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes yang telah .diuji cobakan di kelas XII IPA-3 dan memenuhi syarat validitas, tingkat kesukaran dan realibilitas.  Analisis data menggunakan analisis variansi korelasi linear sederhana dengan uji F. Dari hasil perhitungan analisis variansi korelasi linear sederhana dengan  uji F dengan taraf signifikan ? = 0,05 didapat Fhitung = 24,42 dan Ftabel = 4,15. Karena hasil Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan adalah Ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

Keywords


kecerdasan emosional; prestasi belajar matematika ; korelasi linear

Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 88 times
PDF View : 69 times

References


Arikunto, S. (1999). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Cetakan ke). Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Hasanah, Nikmatul, Priyo, Bambang, Prasetyo, & Darmono. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK N 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013.

Laili, F. J., & Puspasari, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(2), 1–10.

Priyunika, E. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sugiyono. Bandung: Alfabeta.

Septiati, E. 2012. Kefektifan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan koneksimatematis mahasiswa pada mata kuliah analisis real I, (Online), , diakses tgl 09 Februari 2017.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumyati, Sri, Ahmad Putri. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makasar (online). Diakses 2 Juli 2018.

Sapitri, Yesi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar.” Variabel 2(1):16–23.

Sa’adah, Ulfatus and Jati Ariati. 2018. “Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang.” Empati 7(1):69–75

Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Pendidikan Matematika, 5(2)

Permatasari, Neng Yani and Akhmad Margana. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Treffinger.” Mosharafa 3(1):31–42.

Kirkley, J., 2003, Principle for Teaching Problem Solving, Technical Paper, Plato Learning Inc.

Yuniati, Suci.(2013). Peta Konsep (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Struktur Aljabar.Gamatika.3.129-139.