KUSTOMISASI SECARA 3D SEBAGAI LAYANAN KONSUMEN PADA MEDIA ONLINE PENJUALAN PRODUK UMKM

Mursid Wahyu Hananto - [ https://orcid.org/0000-0002-5675-7374 ]
Bagus Haryadi
Azty Acbarrifha Nour
Muhammad Fadhil Hasbi
Firdaus Syam


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.6556

Abstract


UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) umumnya tidak memiliki stok produk dalam jumlah banyak, karena dana yang minim, sehingga lebih banyak melayani pemesanan, termasuk yang disesuaikan keinginan calon konsumen. Permintaan secara online dilayani menggunakan media sosial, blog, situs web, atau marketplace. Namun semua media tersebut tidak dapat menampilkan secara maksimal representasi digital dari produk UMKM yang khas, terutama hasil kerajinan tangan, sekaligus memberikan layanan untuk menyusun produk sesuai keinginan pemesan dengan tampilan yang menunjukkan semua detail sehingga dapat membuat mereka yakin. Dari semua cara visualisasi, grafika 3D dapat menjadi pilihan yang sesuai untuk menampilkan produk dengan cara seperti di dunia nyata. Solusi yang dibutuhkan dikembangkan dalam bentuk media online yang menggunakan teknologi Web3D. Pengembangan dengan metode evolusioner incremental dalam 4 increment menghasilkan sebuah media penjualan online berbentuk situs web yang selain dapat menampilkan produk UMKM secara 3D, juga dapat melakukan kustomisasi yang hasilnya dapat diperlihatkan dengan tampilan 3D. Situs web telah diuji menggunakan metode UAT (User Acceptance Test) yaitu uji Alpha dan Beta. Uji Alpha menunjukkan sistem dapat bekerja sesuai rancangan dan fungsinya, dan uji Beta memperlihatkan penerimaan pengguna pada sistem. Media penjualan yang telah dibangun memperlihatkan bahwa layanan kustomisasi dengan tampilan 3D dapat direalisasikan dan diterima sebagai solusi bagi pengguna untuk memesan produk UMKM sesuai keinginannya secara online.

Keywords


3D; kustomisasi; media; penjualan; UMKM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. S. Al Chaedar, H. Blongkod, dan V. Taruh. (2023). Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Jurnal Mirai Management. [Online]. 8(1), hal. 345-355. Tersedia: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4830/3184

R.I. Maulia, P.A. Saputra, L.B. Khoiriyah, dan R. Wahyuningsih. (2024). Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoro-to. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. [Online]. 5(2), hal. 1351-1357. Tersedia: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/8542/4691/39924

A.T. Artanto, Kusnarto, N. Haryono, E. Sholihatin. (Desember 2022). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Membangun Ketahanan Bisnis di Era New Normal. Journal of Governance and Administrative Reform. [Online]. 3(2), hal. 163-180. Tersedia: https://e-journal.unair.ac.id/JGAR/article/download/41772/23611

M.W. Hananto, H.P. Susilo, S.N. Ahmad, dan A. Rahman. (Maret 2021). Visualisasi Produk secara 3D dalam Media Promosi dan Pemesanan Online. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology. [Online]. 03(01), hal. 1-8. Tersedia: https://jurnal.istts.ac.id/index.php/insight/article/download/138/48

B.H. Suharto dan A. Priyanto. (April 2022). Desain Prototipe Sistem Alat Peraga Pendidikan Hologram 3D Portabel dan Interaktif dengan Kendali Gestur Tangan. Jurnal Buana Informatika. [Online]. 13(1), hal. 42-53. Tersedia: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jbi/article/view/5436/2604

T.S. Dewi, V.R. Setyowati, dan L. Lazuardi. (April 2023). Virtual Reality Tour Sebagai Media Promosi Dan Pembelajaran Alur Pelayanan Rumah Sakit. Journal of Information Systems for Public Health. [Online]. VIII(1), hal. 21-31. Tersedia: https://jurnal.ugm.ac.id/jisph/article/download/72039/36318

L.I. Cahyani dan S.T. Raharjo. (April 2023). Strategies of Micro, Small, and Medium Enterprises to be Able to Compete in the International Market. Return: Study of Management, Economic and Bussines. [Online]. 2(4), hal. 330-340. Tersedia: https://return.publikasikupublisher.com/index.php/return/article/download/81/203/627

N. Fitrihana. (2022). Penerapan Teknologi Virtual 3D untuk Pengembangan Produk Fesyen di Era Digital. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. [Online]. 17(1). Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/download/59309/19053

V. Indiarma. (2023). Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Usaha Mikro Kecil Menengah Pedesaan. TUTURLOGI: Journal of Southeast Asian Communication. [Online]. 4(3), hal. 131-141. Tersedia: https://tuturlogi.ub.ac.id/index.php/tuturlogi/article/download/13290/83

P. Sobociński, D. Strugała, K. Walczak, M. Maik, dan T. Jenek. (September 2021). Large-Scale 3D Web Environment for Visualization and Marketing of Household Appliances. Dipresentasikan di AVR 2021 8th International Conference. [Online]. Tersedia: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-87595-4_3

N. Utami, N. Oktaviani, S. Rohaeni, dan V. Yuliyana. (September 2024). Peran Transformasi Digital Bagi Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Modern. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital. [Online]. 02(01), hal. 423-431. Tersedia: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/download/1376/1252/4158

M.U. Jaleel. (April 2022). 3D Product Display's Impact on E-Commerce Websites. International Journal of Current Science (IJCSPUB). [Online]. 12(2), hal. 439-443. Tersedia: https://rjpn.org/ijcspub/papers/IJCSP22B1045.pdf

G.Yu, C. Liu, T. Fang, J. Jia, E. Lin, Y. He, S. Fu, L. Wang, L. Wei, dan Q. Huang. (Oktober 2023). A survey of real-time rendering on Web3D applica-tion. Virtual Reality & Intelligent Hardware. [Online]. 5(5), hal. 379–394. Tersedia: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2096579622000419/pdf?md5=c4670ec907671ad9aa66acfe7664835e&pid=1-s2.0-S2096579622000419-main.pdf

X. Hu. (Oktober 2022). The Usability of Visual Design Tool Based on Html5. Dipresentasikan di 2022 World Automation Congress (WAC). [Online]. Tersedia: https://ieeexplore.ieee.org/iel7/9933723/9934001/09934171.pdf

Y. Liu, D. Bao, L. Ye, dan Y. Chen. (2023). Development of Web3D education platform suitable for schoolchild. Journal of Image Processing Theory and Applications. [Online]. 6(1), hal. 112-131. Tersedia: https://www.clausiuspress.com/assets/default/article/2023/12/25/article_1703503637.pdf

D. V. Shirbhate dan D. S. Ingole. (2018). Adding Life to Virtual Reality Using VRML. International Journal of Pure and Applied Mathematics. [Online]. 120(6), hal. 10745-10768. Tersedia: https://acadpubl.eu/hub/2018-120-6/8/712.pdf

M. Starovoyotv, D. Rapolu, S. Yang, S. Trivedi, dan F.T.-C. Tsai. (Mei 2024). Large-Scale Visualization of 3D Unstructured Groundwater Model Using Cave Automated Virtual Environment. Journal of Data science and Modern Techniques. [Online]. 3(102), hal. 1-13. Tersedia: https://www.jscholaronline.org/articles/JDMT/Large-Scale-Visualization-of-3D-Unstructured-Groundwater.pdf

D. Fan, T. Liang, H. He, M. Guo, dan M. Wang. (2023). Large-Scale Oceanic Dynamic Field Visualization Based on WebGL. IEEE Access. [Online]. 11, hal. 82816-82829. Tersedia: https://ieeexplore.ieee.org/iel7/6287639/6514899/10203005.pdf

M.W. Hananto. Extending user coverage on virtual campus using Web3D technology: A case study. (2021). IOP Conference Series: Earth and Envi-ronmental Science. [Online]. 704(1), 012043. Tersedia: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/704/1/012043/pdf

E.A. Syaputra, W. Sartika, dan O.F. Ngabito. (April 2023). Efektivitas Visualisasi 3D dan Augmentend Reality Bagi Optimalisasi Media Informasi dan Promosi Mebel Kayu Jepara di Pasar Online. COMPACT: Spatial Development Journal. [Online]. 02(01), hal. 47-55. Tersedia: https://journal.itk.ac.id/index.php/compact/article/view/848/442

A. Palacios-Ibáñez, F. O. Martí, J. D. Camba, dan M. Contero. (2022). The influence of the visualization modality on consumer perception: A case study on household products. Human Factors in Communication of Design. [Online]. 49, hal. 160-166. Tersedia: https://openaccess-api.cms-conferences.org/articles/download/978-1-958651-25-4_21

S. Kim, T.H. Baek, dan S. Yoon. (Juli 2020). The effect of 360-degree rotatable product images on purchase intention. Journal of Retailing and Con-sumer Services. [Online]. 55, 102062. Tersedia: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0969698919310902

V. M. Chavan, J. V. Deshmukh, S. P. Ingle, dan A. M. Chavan. (Oktober 2023). The Effect of 360-Degree Rotatable Product Images on Purchase Inten-tion. International Journal of Research Publication and Review. [Online]. 4(10), hal. 591–593. Tersedia: https://ijrpr.com/uploads/V4ISSUE10/IJRPR18106.pdf

O. Pavlova, A. Bashta, M. Kostiuk, dan H.E. Bouhissi. (Maret 2023). Technology and Scenarios for Objects 3D Models visualization using Augmented Reality. Dipresentasikan di 4th International Workshop on Intelligent Information Technologies and Systems of Information Security (In-telITSIS’2023). [Online]. Tersedia: https://ceur-ws.org/Vol-3373/paper22.pdf

Ó. Hernández-Muñoz. (2023). Analysis of Digitized 3D Models Published by Archaeological Museums. Heritage. [Online]. 6(5), hal. 3885–3902. Tersedia: https://pdfs.semanticscholar.org/3dad/413efe84743ec391283309a1ee2b9f0268c3.pdf

M. Yi, Z. Huang, dan Y. Yu. (2022). Creating a Sustainable E-Commerce Environment: The Impact of Product Configurator Interaction Design on Consumer Personalized Customization Experience. Sustainability. [Online]. 14(23), 15903. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/365900221_Creating_a_Sustainable_E-Com-merce_Environment_The_Impact_of_Product_Configurator_Interaction_Design_on_Consumer_Personalized_Customization_Experience/fulltext/638962237d9b40514e082a23/Creating-a-Sustainable-E-Commerce-Environment-The-Impact-of-Product-Configurator-Interaction-Design-on-Consumer-Personalized-Customization-Experience.pdf

E. Sandrin dan C. Forza. (September 2023). Visualization in Configurators: Reflections for Future Research. Dipresentasikan di 25th International Workshop on Configuration (ConfWS 2023). [Online]. Tersedia: https://ceur-ws.org/Vol-3509/paper1.pdf

A. Liu dan J. Dong. (2024). 3D Reconstruction and Virtual Reality Display Technology of Tourism Art Resources CAD Based on NN. Computer-Aided Design & Applications. [Online]. 21(S14), hal. 17-30. Tersedia: https://cad-journal.net/files/vol_21/CAD_21(S14)_2024_17-30.pdf

I. Djafar dan I.W. Simpen. (Agustus 2019). Perancangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pada Periklanan Perumahan Berbasis Android. Prosiding SISITI (Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi). [Online]. 7(2), hal. 9-19. Tersedia: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/9-19/93

A. Prabhakaran, A.-M. Mahamadu, L. Mahdjoubi, P. Manu, K.I. Ibrahim, dan C.O. Aigbavboa. (2021). The Effectiveness of Interactive Virtual Reality for Furniture, Fixture, and Equipment Design Communication: An Empirical Study. Engineering, Construction and Architectural Management. [Online]. 28(5), hal. 1440-1467. Tersedia: https://research.manchester.ac.uk/files/184707658/Author_Accepted_Version.pdf

R.S. Pressman dan B.R. Maxim, “Software Engineering: A Practitioner’s Approach,” edisi 8. New York: McGraw-Hill Education, 2015, hal. 43-44.

R.S. Pressman, “Software Engineering, A Practitioner’s Approach,” edisi 5. New York: McGraw-Hill, 2001, hal. 35-36.

N. Fung, K. Schoueri, dan C. Scheibler. (September 2021). Pure 3D - Technical Report. Maastricht University, The Netherlands. [Online]. Tersedia: https://pure3d.eu/wp-content/uploads/2021/09/Pure3D_Technical-Report.pdf

Metode Kustomisasi Model 3D Furnitur Dalam Web Menggunakan Konkatenasi Deskripsi dan Komponen, oleh M.W. Hananto, R.F. Ramadhan, dan Z. Maldini. (11 September 2023). IDS000006571 [Online]. Tersedia: https://pdki-indone-sia.dgip.go.id/detail/5d00ad880e28ba1ec4e6b482a106b103c258973829de27f6e2de9d34313c109b?nomor=S00202200166&type=patent&keyword=IDS000006571