PREDIKSI HASIL PERTANIAN PADI DI KABUPATEN KUDUS DENGAN METODE BROWNS DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING

Mohammad Nur Fawaiq
Ahmad Jazuli
Muhammad Malik Hakim


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1421

Abstract


Pertanian termasuk sektor yang mempunyai peran strategis, karena merupakan sumber utama penghidupan dan pendapatan mayoritas masyarakat, sebagai penyedia hasil pangan, penampung lapangan pekerjaan, sebagai sumber devisa dan sebagai salah satu unsur menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tanaman padi masuk ke dalam kelompok tanaman pangan pokok yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sampai saat ini, lebih dari 50% produksi padi nasional berasal dari areal sawah di Pulau Jawa. Sehingga apabila terjadi penurunan tingkat produksi dan produktivitas padi di Jawa secara drastis, maka akan mempengaruhi ketersediaan beras nasional dan akan berdampak negatif terhadap sektor-sektor lainnya. Prediksi merupakan alat bantu yang penting dalam perencanaan yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Browns Double Exponential Smoothing untuk menentukan nilai estimasi produksi padi dalam satu tahun yang akan datang. Penerapan metode ini menghasilkan prediksi panen padi di Kabupaten Kudus tahun 2019 sebesar 163.435,90 ton dengan nilai MAPE 8,64%. Berdasarkan rata-rata tersebut, kesalahan prediksi termasuk kategori rendah karena kesalahan presentase kurang dari 10%.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Pertiwi. Adinda Thana Arum, Andri Suprayogi, dan Haniah, Penyajian Informasi Komoditas Pertanian berbasis WebGIS di Kabupaten Kendal, 2012.

Wahyunto. Widagdo, dan Bambang Heryanto, Pendugaan Produktivitas Tanaman Padi Sawah Melalui Analisis Citra Satelit, Informatika Pertanian 15: 853869, 2006.

Noviansyah. E, Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX, 2008.

Subagyo. Pangestu, Forecasting Konsep dan Aplikasi, Dua, Jilid 2, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 1986.

Pratama Adi. Danang, Dzulfida. Amalia Lutfiana, dan Jihan, Aplikasi Metode Double Exponential Smoothing Brown dan Holt untuk Meramalkan Total Pendapatan Bea dan Cukai, 2016.

Lieberty. Annastasya, Radiant V. Imbar, Sistem Informasi Meramalkan Penjualan Barang Dengan Metode Double Exponential Smoothing ( Studi kasus : PD. Padalarang Jaya ), 1 April 2015.

Utama. Cahyarizki Adi, dan Yan Watequlis, Pengembangan SI Stok Barang Dengan Peramalan Menggunakan Double Exponential Smoothing (Studi Kasus : PT. Tomah Jaya Elektrikal), 147153, 2016.

Makridakis. Spyros, Steven C Wheelwright, dan Victor E McGee, Metode dan Aplikasi Peramalan, 2 ed, Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1991.

Makridakis. Spyros, Steven C Wheelwright, dan Victor E McGee, Metode dan Aplikasi Peramalan, Jilid 1, Edisi Revisi, Binarupa Aksara : Jakarta, 2003.

Alda. R, Penerapan Metode Exponential Smoothing untuk Peramalan Penggunaan Waktu Telepon di PT Telkomsel Drive3 Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, 2009.

Rosa. A. S, dan M Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2013.

Lethbridge. Timothy C, dan Laganiere. Robert. Object-Oriented Software Engineering : Practical software development using UML and Java, Singapore : McGraw-Hill Higher Education, 2005.