UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIG MTs. NEGERI 1 MALANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING

ADHIN SITI KHOIRIYAH

Abstract


Salah satu teori Pythagoras yang terkenal menyatakan bahwa pada setiap segitiga siku-siku berlaku kuadrat sisi miring yang sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi siku-sikunya, atau yang merupakan kebalikan teoremanya adalah: apabila pada suatu segitiga, kuadrat salah satu sisinya sama dnegan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya, maka segitiga tersebut adalah segitiga siku-siku. Hal ini tentu berarti sudut siku-sikunya terletak di depan sisi yang terpanjang atau sisi miring (hipotenusa). Jika rumus Pythagoras ditulis a2 = b2 + c2, maka sisi miring (hipotenusa) segitiga tersebut adalah a, sehingga b dan c adalah sisi siku-sikunya. Hal ini searti dengan b2 =  a2 – c2 atau c2 = a2 – b2. Akan tetapi siswa sering salah karena rumus tersebut hanya berlaku jika sisi miringnya a, sehingga kalau diganti sisi miringnya b atau c, maka rumus di atas tidak berlaku, yang berlaku adalah b2 = a2 + c2 jika sisi miringnya b, dan c2 =     a2 + b2 jika sisi miringnya c. Dari pernyataan yang salah, maka hal ini akan berlaku fatal, misalnya pada waktu siswa menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku apabila dua sisi yang lain telah diketahui, baik pada bangun bidang maupun bangun ruang. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini peneliti bermaksud melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning melalui pengerjaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Berdasarkan hasil pengumpulan data dan pembahasan, maka dapat diketahui bahwa melalui penerapan metode Discovery Learning, prestasi belajar siswa dapat meningkat, hal ini ditandai dari adanya peningkatan nilai tes evaluasi belajar siswa yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Jika pada pelaksanaan Siklus I jumlah nilai formatif siswa secara klasikal sebesar 1740 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 10,0%, maka pada pelaksanaan Siklus II jumlah nilai formatif siswa secara klasikal meningkat hingga menjadi 2430 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80,0%.

Article Metrics :

References


Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Amrin, Tatang M. 2000. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di Sekolah. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Pasca Sarjana IKIP Malang

Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Depdikbud. 1992. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Entang, M. 1981. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran. Penlok Tahap II. P3G. Jakarta: Depdikbud

Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

IKIP Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artilel, Makalah, Laporan, Penelitian. Malang. IKIP Malang.

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Soekamto, H. 2001. Peranan Strategi Pembelajaran yang Menekankan pada Aktivitas Siswa dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Siswa Mata Pelajaran IPS – Geografi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Vol. 3 No. 9, 10 Tahun 2001

Sulistyo H, Gunadi. 2000. Sekilas Tentang Metode Penelitian. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia