PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 UREK-UREK KEC. GONDANGLEGI KAB. MALANG
Abstract
Kondisi pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Urek-Urek Gondanglegi Tahun Pelajaran 2017/2018, mempunyai hambatan dalam pembelajaran memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya. Dengan adanya materi yang cukup banyak dan pola pembelajaran yang sulit dicerna oleh akal pikiran, maka siswa mengalami kemerosotan dalam hal pemahaman materi.
Dengan adanya kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini penyusun bermaksud menerapkan metode Group Investigation (GI) melalui model pembelajaran Mind Mapping sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Urek-Urek Gondanglegi.
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 2 Urek-Urek Gondanglegi mengalami peningkatan, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam mengerjakan tugas kelompok. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 65,83, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 86,67.
Dengan penerapan metode Group Investigation (GI) melalui model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 2 Urek-Urek Gondanglegi, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan pemahaman siswa terhadap materi pokok Hubungan Antara Struktur Bagian Tumbuhan dengan Fungsinya. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada peningkatan rata-rata nilai formatif dari 56,15 pada Siklus I menjadi 82,31 pada Siklus II, demikian pula dengan prosentase ketuntasan belajar yang juga mengalami peningkatan dari 15,38% pada Siklus I menjadi 92,31% pada Siklus IIFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amrin, Tatang M. 2000. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta
Baharudin. Taufik. 1999. Brainware Management: Generasi Kelima Manajemen Manusia. Elex Media Komputindo: Jakarta
Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta
Buzan. Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran: The Mind Map Book. Interaksa: Batam
Buzan. Tony. 2004. Mind Map: Untuk Meningkatkan Motivasi belajar. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung
Dryden. Gordon. 2003. Revolusi Cara Belajar: The Learning Revolution Bagian I. Kaifa: Bandung
Entang, M. 1981. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran. Penlok Tahap II. P3G. Jakarta: Depdikbud
Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Jensen. Eric dan Karen Makowitz. 2002. Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Kaifa: Bandung
Makmun. Abin Syamsudin. 2000. Psikologi Kependidikan. Remaja Rosda Karya: Bandung
Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta
Porter. De Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa: Bandung
Sugiarto. Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group