PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER IPA BERBASIS KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

ROHMATUS SYAFI’AH


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.933

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran poster yang dapat digunakan pada pembelajaran IPA dalam menunjang tercapainya tujuan penerapan kurikulum 2013 di SMP Sunan Ampel Karangrejo-Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan media poster IPA materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan berdasarkan kelayakan teoritis yaitu hasil validasi Dosen dan Guru IPA, dan berdasarkan kelayakan empiris yaitu respon siswa, (2) hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan media poster melalui uji coba terbatas. Rancangan penelitian ini menggunakan model desain instruksional ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda (1990). Metode  pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran poster berbasis kurikulum 2013 mata pelajaran IPA  pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP yang dikembangkan layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi dari dosen dan guru IPA dengan persentase sebesar 90,1% dan layak secara empiris berdasarkan respon siswa dengan kriteria jawaban ya atas pernyataan yang diberikan  sebesar 92,7%, dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII SMP Sunan Ampel Karangrejo-Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan setelah menggunakan media tersebut mencapai ketuntasan klasikal sebesar 95,5% dan ketuntasan indikator rata-rata sebesar 85%.

Article Metrics :

References


Ahmad, Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar, 1997.Media Pembelajaran, Cet. 1, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs). Diakses online http://www.puskur.net.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Miftakhul Choer. 2014. Pengembangan Poster Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Fisika untuk Siswa SMA/MA. Skripsi Pendidikan Fisika tidak dipublikasikan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian cetakan ke VII. Bandung : Alfabeta

Riyanto, Geger. 2006. Teknologi Informasi bagi Dunia Pendidikan. [online]. Tersedia: http://www.e-dukasi.net/. [20 Desember 2017].

Rizawayani, dkk. 2017. Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur

Atom Di Sma Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 127-133, 2017. Tersedia: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. [1 Februari 2017].

Sujana, Nana & Ahmad Rivai, 2009. Media Pengajaran, Cet.8, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Tiyanto, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Poster Bervisi SETS Terhadap Pencapaian Kompetensi. Chemistry in Education ISSN NO 2252-6609.