PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TEMA PAHLAWANKU PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV SDN KAMULAN 02 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

NOURMA OKTAVIARINI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.932

Abstract


Tema Pahlawanku merupakan salah satu tema dalam pembelajaran IPS yang memiliki indikator sebagai berikut: (a) menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan, (b) menceritakan pentingya menghargai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Agar siswa dapat memahami materi dengan baik, maka diperlukan media yang mendukung. Dalam hal ini media merupakan alat bantu untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran haruslah disesuaikan dengan tingkat berpikir peserta didik dan disesuaikan dengan materi yang ada.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterterapan, serta keefektifitasan pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA kelas III. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan ialah dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Sugiyono. Pada penelitian ini hanya menggunakan delapan dari sepuluh langkah pengembangan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase tingkat kelayakan produk oleh ahli media ialah sebesar 87% yang termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan serta presentase tingkat kelayakan produk oleh ahli media ialah sebesar 83,07% yang termasuk dalam kategori valid namun ada beberapa hal yang perlu direvisi. Keterterapan  media pada uji kelompok kecil menunjukkan presentase skor 98,3 %, angket uji penggunaan menunjukkan rata-rata skor sebesar 95,02, dan angket observasi pembelajaran sebesar 86,6%. Dari hasil data keterterapan media menunjukkan hasil media pembelajaran Pop-Up Book valid dan layak diterapkan pada pembelajaran IPA. Tingkat keefektifitasan media menunjukkan bahwa siswa secara keseluruhan  tuntas dalam  pembelajaran dengan melihat rata-rata nilai siswa berada di atas KKM yakni sebesar 95,3.

Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Febrianto, M. Fatchul M. 2014. “Penerapan Media dalam Bentuk Pop-Up Book pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa untuk Siswa Kelas 2 SDNU

Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik”.Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya.Vol. 2, No. 3.Hlm. 146-153. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, N. & Riva’I, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujadi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.