PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATERI FAKTOR BIOTIK DAN PRINSIP-PRINSIP EKOLOGI MATAKULIAH PENDIDIKAN SAINS SD 2
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: IT. Bumi Aksara
Samadhi, T.M.A. Ari. 2008. Pembelajaran Aktif, Teaching Improvement Workshop, Engineer-ing Education Development Project ADB Load No. 1432-INO
Sholeh, Moch. Hamid. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press
Silberman, Melvin L.. 2006. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina
Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rosda
Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media Group.
Gulo. W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Hidayatullah, F. M. (2011). “Menjadi Guru Sejati”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMABI) FKIP, Universitas Sebelas Maret, 19 Maret.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Orlich, D. C., Harder, R. J., Callahan, R. C., & Gibson, H. W. (1998). Teaching Strategies A Guided to Better Instruction. Boston: Houghton Mifflin Company.
Zaini, H. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendala Di Dalam Kelas. Makalah disajikan pada Seminar Dan Lokakarya Nasional ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Aktif Learning Menuju Profesionalisme Guru, Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.