PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 2 MOYOKETEN TULUNGAGUNG

SRI PUSPOYANTI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.921

Abstract


Penelitian dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan Penerapan modelpembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan ketrampilan menulis cerita siswa kelas III yang dilaksanakan di SDN 2 Moyoketen Tulungagung. Dalam hal ini untuk memperoleh gambaran yang sesuai dengan rumusan masalah diperlukan jenis penelitian yang tepat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Alternatif untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran yang dialami siswa kelas III SDN 2 Moyoketen Tulungagung antara lain: (1) proses pembelajaran menggunakan media yang menarik; (2) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi; (3) menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa; (4) menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan dan termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran. Sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan keterampilan menulis cerita siswa kelas III SDN 2 Moyoketen Tulungagung, maka dilakukan perbaikan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Penerapan model PAIKEM dengan media rekaman berita radio pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III semester 1 SDN 2 Moyoketen Tulungagung dirasa cukup berhasil untuk menumbuhkan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Minat dan motivasi belajar siswa yang nampak saat proses pembelajaran berlangsung ditunjukkan dengan keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan guru. Hasil belajar siswa keas III SDN 2 Moyoketen Tulungagung siklus I dan siklus II. Dari hasil belajar siswa diketahui bahwa rata-rata nilai siswa pratindakan 61 dengan ketuntasan klasikal 47% siklus I rata-rata nilai siswa 66 dengan ketuntasan klasikal 59%.Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 76 dengan ketuntasan klasikal 82%.

Article Metrics :

References


Anitah, Sri. 2010. Media pembelajaran. Surakarta:Yuma Pustaka.

Ahmadi, dkk.2010. Pembelajaran Bahasa(online), http://ahmadidkk.jevunka.com/2010/11/29/pembelajaranbahasa/, diakses 20 Pebruari 2011.

Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis I Buku Materi Pokok EPNA 2203/2 SKS/ MODUL 1-6. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Aksara.

Cahyani, Isah. 2009. Pembelajaran Bahasa, (online), http://Cahyaniisah.wordpress.com/2009/10/31/pembelajaranbahasa/, diakses 20 Pebruari 2011.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Masional.

Dzaki, Muhammad Faiq. 2009. PAKEM: Pembelajaran Aktif Kretif Menyenangkan, (Online), (Http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, diakses 20 Pebruari 2011).

Fathurrohman, Pupuh dkk.2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hamidah dan Siswanto.1994. Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: Depdiknas UM.

Heriawan Asep Herry, dkk. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munadi,Yudhi. 2010. Media Pembelajaran Sebuah PendekatanBaru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rosdiyana Yusi, dkk. 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Santosa dkk. 2010. Belajar Menulis. (online), http://Santosadkk.jevunka.com/2010/10/31/pembelajarmenulis/, diakses 20 Pebruari 2011.

Supriyadi dkk. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.

Syarif, Erlina, dkk. 2009. Modul Suplemen KKG: Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahidin.2008. Pembelajaran PAKEM II, (Online), (http://makalahkumakalahmu.wordpress.com, diakses 20 Pebruari 2011).