PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANIMASI INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD 2

ALIK MUSTAFIDAL LAILI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.915

Abstract


Teknologi informasi dan komputer telah berkembang dengan pesat dan telah merambah di segala bidang termasuk bidang pendidikan. Media pembelajaran konvensional mulai tergantikan oleh media modern yang memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan user melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. Animasi adalah salah satu bentuk dari multimedia. Animasi interaktif adalah animasi yang dilengkapi pengontrol sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti ingin mengembangkan suatu multimedia animasi interaktif yang berbasis PBL.

Metode yang digunakan pada pengembangan multimedia animasi interaktif berbasis PBL ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah  model pengembangan produk multimedia dari Luther  dengan tahapan  konsep (concept), desain (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), tes (testing) dan   distribusi (distribution). Animasi yang dihasilkan memiliki 6 tampilan, yaitu 1) Home, 2) Apersepsi, 3) Masalah, 4) Diskusi dan Presentasi, 5) Pembahasan, dan 6) Petunjuk.

Article Metrics :

References


Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektro Magnet. Jurnal Edukasi@Elektro, 5 (1):11-18.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atmadji, C. & Seoleman, A.M. 2010. Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Teknologi Informasi, 6 (1): 56-72.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdagri

Efrina, N., Rachman, F.A. & Aisyah, R. N. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Kimia untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (1):65-78.

Fauziah, R., Abdullah, A.G, & Hakim, D.L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC, 9 (2):165-178.

Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto dan Sutijan. 1996. Belajar dan Pembelajaran I. Surakarta : UNS Press.

Krisna, E.D., Sudiarta, I.G.P., Suweken, G. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Berprestai. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, 2 (1). (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1060/808), diakses 20 Januari 2017

Latuheru, JD. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa. Kini. Jakarta: Depdikbud Dirjen PT.Proyek Pengenmbangan LPTK.

Lubis, Toras. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbentuk Komik dengan Alur Cerita Berangkai untuk Identifikasi Lack of Knowledge Siswa dalam Memahami Mata Pelajaran TIK SMP. Bandung: UPI. Dari Perpustakaan.upi.edu, (Online), (http://respository.upi.edu), diakses 20 Januari 2017.

Marti, Ni Wayan. 2010. Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembudidayaan Tanaman Tomat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 7 (1):29-40.

Rinaldi, J., Rumagit, A.M., Lumenta, A.S.M. & Wowor, A.P.R. 2012. Perancangan Tutorial Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi Berbasis Animasi 3D. e-jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 1 (4). (Online), (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/618/490), diakses 20 Januari 2017.

Roswanto, A. & Rachmat, A. 2006. Pengantar Multimedia. Fakultas Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana.

Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Animasi Multimedia Pembelajaran, 2 (1):27-33.

Sumarji. 2009. Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Staika dan Tegangan di SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 32 (2):120-140.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash.Yogyakarta: Graha Ilmu.