IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMPOSIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN SAINS SD 2

ALDILA WANDA NUGRAHA


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.914

Abstract


Pemahaman dan hasil belajar yang rendah disebabkan oleh banyak faktor, seperti penggunaan metode mengajar yang kurang tepat serta kurangnya informasi yang diserap siswa. Mengajar adalah kegiatan menyampaikan pengetahuan pada anak didik, konsekuensi pengertian semacam ini membuat anak menjadi pasif, karena hanya menerima informasi yang diberikan guru. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif adalah Active learning. Active Learning atau pembelajaran aktif adalah suatu proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang aktifitas dan hasil belajar mahasiswa selama proses pembelajaran. Pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan penganalisis data yang juga terlibat dalam proses penelitian. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dengan menerapkan Active Learning yang dapat meningkatkan pemahaman belajar dan hasil belajar kognitif pada matakuliah Pendidikan Sains SD 2 STKIP PGRI Tulungagung.

Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran aktif dengan model pembelajaran simposium dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar kognitif pada matakuliah pendidikan sains SD 2. Dibuktikan dengan hasil tes tiap akhir siklus yang mengalami peningkatan. Pada siklus 1 tindakan, rata-rata nilai tes mahasiswa adalah 79.4 dan pada siklus 2 tindakan meningkat menjadi 81.5.

Article Metrics :

References


Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: IT. Bumi Aksara

Samadhi, T.M.A. Ari. 2008. Pembelajaran Aktif, Teaching Improvement Workshop, Engineer-ing Education Development Project ADB Load No. 1432-INO

Sholeh, Moch. Hamid. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press

Silberman, Melvin L.. 2006. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina

Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rosda

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media Group.

Gulo. W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Hidayatullah, F. M. (2011). “Menjadi Guru Sejati”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMABI) FKIP, Universitas Sebelas Maret, 19 Maret.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Orlich, D. C., Harder, R. J., Callahan, R. C., & Gibson, H. W. (1998). Teaching Strategies A Guided to Better Instruction. Boston: Houghton Mifflin Company.

Zaini, H. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendala Di Dalam Kelas. Makalah disajikan pada Seminar Dan Lokakarya Nasional ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Aktif Learning Menuju Profesionalisme Guru, Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret. Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.