PENERAPAN MODEL CHARACTER PROJECT CITIZEN (CPC) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS (STUDI PADA SISWA KELAS IV SDN TALUN 05 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR)

NOURMA OKTAVIARINI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.444

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrpsikan: (1) penerapan character project citizen (CPC) berbasis outdoor study pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan character project citizen berbasis outdoor study, (3) Respon siswa kelas IV SDN Talun 05 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar terhadap pembelajajaran character project citizen berbasis outdoor study. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yaitu berupa observasi, dokumentasi, dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran character project citizen Berbasis Outdoor Study sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan materi yang disesuaikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan tes dari 3,35 pada siklus I menjadi 4,023 pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis berdasarkan pengamatan  diperoleh skor 2074 dengan rata-rata skor 69,13 (kategori baik) pada siklus I menjadi 2396 dengan rata-rata skor 79,88 (80) kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan character project citizen berbasis Outdoor Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS.

Article Metrics :

References


Arends, R.I. 2008a. Learning To Teach (Belajar Un-tuk Mengajar). Edisi ketujuh Buku Satu. Pe-nerjemah Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S & Jabar, A.S.C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fathiyah, N.R. Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dipadu dengan Stra-tegi Belajar Peta Konsep untuk Mening-katkan Aktivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep. Landa-san teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka