UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI DENAH DAN PETA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PASA (PICTURE AND STUDENT ACTIVE) UNTUK SISWA KELAS III SDN I NGLAMPIR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

NUR YATIN


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.440

Abstract


Dalam rangka meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) serta menghilangkan kesan bahwa pelajaran IPS hanya bersifat hafalan saja, maka perlu diupayakan metode yang dapat memotivasi untuk menuntaskan materi dengan baik. Di sisi lain, pengembangan kurikulum mengacu kepada siswa sebagai pusat sumber belajar, sehingga dalam strategi pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat menguasai konsep atau materi secara proporsional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kontekstual modelPASA (Pictures and Student Active) terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi denah dan peta untuk siswa kelas III SDN  I Nglampir.Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung pada semester I tahun ajaran 2015/2016 dan dilakukan dalam 2 siklus. Proses pembelajarandengan metode pembelajaran kontekstual melalui model PASA dilaksanakan dengan tahapan: (1) pembagian kelompok kecil; (2) siswa mendeskripsikan gambar; (3) menelaah dan menganalisis setiap gambar; (4) mendiskusikan gambar-gambar tersebut (5) melakukan presentasi lisan; (6) melaksanakan post test berupa kuis dan soal-soal objektif/subjektif. Hasil analisis dan refleksi setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II menunjukan bahwa hasil pembelajaran kontekstual dengan model PASA dapat meningkatkan proses dan hasil belajar. Pada siklus I,sebanyak16 siswa (64%) tuntas belajar sedangkan 9siswa ( 36%) tidak tuntas belajar. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 23siswa (92%) tuntas belajardan 2 siswa (8%) tidak tuntas belajar. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPS materi denah dan peta melalui metode pembelajaran kontekstualdengan Model PASA (Pictures and Student Active) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN  I Nglampir tahun pelajaran 2015/2016.

Article Metrics :

References


----------.1988.Garis-garis Besar Haluan Negara. Jakarta:Sekretaris Negara

Hariyono.1998.Memahami IPS dalam Pembelajaran. Malang: IKIP Malang

Kartodirdjo, S. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi IPS. Jakarta: PT.Gramedia.

Kasbollah, Kasihani.1999. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sains. Malang: RUT VI LIPI.

Kemmis,S&MC, Taggart R.1988. The Action Re-search Planner. Victoria: Deakin University Press.

Moleong, L,J.1994. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notosusanto, N. 1985. IPS Nasional Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suryabrata, S.1992. Metodologi Penelitian. Jakarta : CV Rajawali.