MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAH

MUHAMMAD ILMAN NAFI’AN


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.429

Abstract


Pelaksanaan penelitian tindakan ini berawal dari hasil pengamatan peneliti yang menyatakan bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika khususnya dalam memahami konsep operasi pecahan yaitu penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan yang menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang memuaskan.Hal inilah pulalah yang dialami oleh siswa SD Negeri di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Nilai yang diperoleh siswa cenderung rendah dan siswa merasa kesulitan ketika belajar maupun menyelesaikan soal matematika. Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan agar siswa dapat menyelesaikan operasi pecahan yaitu menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan tanpa mengalami banyak kesulitan.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam duasiklus, prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning SD Negeri di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015mengalami peningkatan. Hasil  belajar dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu prosentase nilai ketuntasan  dari 61%menjadi 88% terjadi peningkatan sebesar 27% dengan nilai rata-rata dari 67 menjadi 80 meningkat sebesar 13. Dari uraian diatas, maka dikemukakan saran agar metode CTLbisa diaplikasikan dan diterapkan pada mata pelajaran, kelas bahkan sekolah lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga tingkat ketuntasan belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.


Article Metrics :

References


Cholis Sa’jidah. 2003. Pecahan yang Menakjubkan. Bandung : Pakar Raya Pustaka.

Diah Nugraheni. 2007. Meningkatkan Minat Bela-jar Sains (IPA) dengan Menggunakan Pende-katan Konteks-tual (Contextual Teaching And Learning) pada Kompetensi dasar Ca-haya Siswa Kelas V Semester II Sekolah Da-sar Negeri Kedung-mundu 01 Semarang Ta-hun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: UNNES.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Indrawati dan Wawan Setiawan. 2009. Pembelajaran Afektif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tempat Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam untuk Program Bermutu.

Karso. 1998. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara DII.

Muchtar A. Karim. Matematika.www.dunia guru.com.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rine-ka Cipta.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran In-ovatif. Surakarta: UNS press.

Udin Saefudin Sa’ud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: AlFABETA.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran Dalam Imple-mentasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ja-karta: Kencana Perdana Media. wikipedia. Org / wiki /Pembelajaran