PEMANFAATAN NILAI BUDAYA LOKAL TARI TOPENG MALANG SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Panut Setiono


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.173

Abstract


Salah satu budaya yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran di Sekolah Dasar yaitu nilai – nilai budaya lokal Tari Topeng Malang yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan ajar. Budaya lokal ini banyak mengandung nilaibudaya yang dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran sebagai bagian pendidikan budaya dan karakter bangsa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar IPSberbasis nilai budaya lokal yang terdiri dari bahan ajar siswa, panduan untuk siswa dan panduan untuk guru yang diperuntukkan bagi siswa Kelas IV smester I.

Kelayakan produk dinilai berdasarkan tingkat validitas dari para ahli, tingkat kemenarikan, tingkat keefektifan dan tingkat keterterapan yang tinggi melalui uji coba produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain lembar validasi para ahli, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru, lembar penilaian dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Temuan penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa hasil uji validasi para ahli menyatakan sangat valid dengan skor presentase rata-rata sebesar 83,58%. Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 89,76% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79,66%. Dan keterterapan produk sangat baik dengan presentase skor rata-rata sebesar 87,52%.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Nilai Budaya Lokal, Tari Topeng Malang


Article Metrics :